20

Pentingnya Membedah Bisnis Anda

Layaknya tubuh yang harus rutin diperiksa kesehatannya, bisnis pun perlu check-up. Tujuannya adalah agar sejak dini Anda mengetahui kelemahan pada bisnis Anda dan mencari jalan keluar untuk mengatasinya. Itulah yang terjadi saat workshop Smart Business Map (SBM) pada Sabtu (18/1) dan Minggu (19/1) di Aviary Hotel Bintaro. Workshop ini merupakan kerja sama SBM Pro Indonesia cabang Tangerang dengan Etalase Bintaro, serta didukung oleh Transpark Bintaro.

William dari Transpark Bintaro

Workshop yang sarat ilmu tersebut diikuti oleh 50 orang pemilik UKM yang rata-rata berada di Tangerang Selatan dan sekitarnya. Hadir sebagai pembicara adalah para pakar bisnis, yaitu Budi Isman, CEO Mikro Investindo dan Founder Yayasan Pro Indonesia serta Taufan Umbara, Presiden SBM Pro Indonesia sekaligus master coach.

12 Pertanyaan

Selama dua hari para peserta diajak bersama-sama membedah bisnis masing-masing.

Kita jangan tunggu bisnis sakit baru check-up, justru saat bisnis sehat kita perlu mengecek bisnis kita. Dengan begitu tahu kelemahannya di mana saja,” jelas Budi Isman.

Cara mengecek atau membedah bisnis adalah dengan menjawab 12 pertanyaan. Pada hari pertama, ada enam pertanyaan yang dibahas, yaitu: What is the problem, who has the problem, what is the solution, how big is the market, what factor will impact your business, dan why people choose you.

Enam pertanyaan yang sekilas tampak sederhana tersebut ternyata bisa membuat pusing para peserta. Bahkan ada peserta yang mengaku berpikir untuk mengganti atau membuat produk baru.

Baca juga: Rahasia Meraup Ratusan Juta dari Bisnis Online

Pada hari kedua, pembahasan lebih mendalam lagi. Kali ini yang menjadi topik perbincangan adalah how do you sell your product, how do you keep your customer, how can you increase your revenue, how can you manage your cost, what is your cost resource, dan yang tak kalah penting adalah how do you develop your team.

Peserta, panitia, dan pembicara

“Para peserta sangat antusias membahas 12 pertanyaan. Mereka juga sudah mengerti dan mengenal istilah-istilah bisnis,” ujar Taufan. Alhasil, workshop selama dua hari tersebut dinilai Taufan berlangsung cukup meriah.

Baca juga: Mencari Mitra Bisnis yang Sejalan

Meski topik yang dibahas cukup berat, namun para peserta mengaku workshop yang telah diadakan tiga kali tersebut sangat berguna. Banyak ilmu bisnis yang mereka dapatkan, dan mereka tak sabar untuk menerapkan apa yang mereka pelajari. (YBI)

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Yudhanti

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments