14

Adakah Ciri-Ciri Posesif Pada Pasangan Anda?

Sebuah hubungan yang diikuti sifat posesif sangat tidak sehat. Dampaknya bisa terasa dari yang paling ringan hingga fatal. Sayangnya banyak yang belum menyadari. Jadi, kenali apakah ada ciri-ciri posesif pada pasangan Anda saat ini?

Posesif sering dikira sebagai perhatian yang berlebihan. Padahal ini ada hubungannya dengan masalah psikologi yang dimiliki. Sebuah sifat yang menganggap pasangannya adalah miliknya. Lantas merasa berhak memperlakukan pasangan sesuai kehendaknya. Bisa dipunyai oleh kaum laki-laki dan juga perempuan.

Baca juga: Pacaran Sehat Dengan Teman Kantor

Mereka yang mendapat perlakuan posesif belum tentu nyaman. Bahkan seringkali merasa tersiksa atau trauma oleh apa yang dilakukan pasangannya.

Para ahli banyak menyarankan untuk mengevaluasi kembali hubungan yang sudah dijalin. Andai memang pasangan tidak mau memperbaiki sifatnya, lebih baik tinggalkan.

Sebab diri sendiri juga perlu untuk merdeka, berdaya, dan menjalani relasi yang lebih sehat.

Tak memberi ruang berbeda

Mereka yang berkepribadian posesif tak bakal mengizinkan pasangannya berbeda. Segalanya harus terukur dan sesuai standar si posesif. Sedikit perbedaan akan segera disingkirkan, termasuk ide dalam kadar yang ringan. Terlebih untuk urusan yang lebih kompleks. Pasangan posesif akan tampil bak komandan dengan segala aba-aba yang tak boleh disanggah.

Cemburu berlebihan

Bukan perhatian, akan tetapi cemburu berlebihan. Selalu ada saja alasan untuk mempertanyakan kedekatan Anda dengan seseorang. Walau sudah mengetahui orang lain hanya teman atau keluarga jauh.

Berikut tindakan selalu mengecek isi ponsel, media sosial, dan sebagainya. Tidak sedikit pasangan yang posesif melakukan tindakan teror pada orang-orang terdekat Anda yang tidak mereka sukai.

Tentunya ini mengganggu lingkaran dan harmoni pertemanan.

Baca juga: Tahu Teman Selingkuh, Diam Atau Mengingatkan?

Mengontrol setiap saat

Pasangan wajib untuk tahu apapun yang berhubungan dengan Anda. Dari pagi hingga malam hari, setiap hari, setiap saat. Mendetail dan terperinci. Tak boleh ada yang terlewat darinya. Begitu terus dan menjadi kewajiban bagi Anda memberitahu bila ada perubahan sedikit saja.

Emosi labil

Soal emosi akan tampak sekali dari perlakuan dan gaya bicaranya. Sangat labil dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sedikit terpancing oleh sesuatu yang tidak dikehendaki, dia akan memuntahkan segala perasaannya pada Anda. Emosi yang dibarengi dengan sikap kasar. Tak peduli dengan apa yang Anda alami. Terpenting dia harus menjadi utama dan pertama di sisi Anda.

Memakai ancaman

Hati-hati bila dia sudah memakai ancaman. Meski terkesan sepele dan bercanda. Sebab dia tak segan akan melakukannya andai permintaan tidak dikabulkan oleh Anda.

Segera jauhi dan minta bantuan dari orang lain apabila ancaman sudah dikeluarkan. Lindungi diri sendiri, karena Anda tak berhak mendapatkan perlakuan tak pantas dari pasangan yang bermasalah seperti ini.

Baca juga: Menaruh Hati Pada Pacar Sahabat

Banyak drama

Dan ingat, ciri-ciri posesif yang sering tampak adalah banyak drama. Terutama saat mengalami masalah atau krisis dalam hubungan. Si posesif akan selalu bertingkah berlebihan dan berputar-putar terus dalam kubangan masalah. Tak pernah mau segera mencari jalan keluar yang terbaik bagi semuanya. Karena dia harus dimenangkan. Berada di titik teratas dengan penuh harap dan penghargaan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments