09

Cara Tak Biasa Mengeringkan Sepatu Saat Musim Hujan

  1. Musim hujan dan genangan air sering membuat sepatu basah. Sayangnya begitu basah, tak mudah mengembalikan ke keadaan semula. Tapi ada cara cepat untuk membuat sepatu kering kembali.

Langkah yang sekiranya tetap membuat ia awet. Khususnya sepatu dari bahan kulit. Atau jenis sepatu lain yang sayang sekali bila metode pengeringan yang dilakukan salah malah membuka celah kerusakan.

Karena itu, meski ingin cepat-cepat dipakai kembali, tetap perhatikan faktor yang dimiliki sepatu. Dari bahan asal, usia, kondisi sol, dan alat pengering yang akan membantu.

Baca juga: Menjaga Stamina Mobil Saat Musim Hujan

Microwave

Memang terdengar aneh dan agak risih mendengarnya. Tapi microwave sangat membantu sepatu kering lagi. Asal sebelum dimasukkan, singkirkan debu dan lumpur yang menempel. Serta lap secukupnya agar tak terlalu basah. Baru masukkan sepatu selama 15 hingga 30 menit. Setel dalam suhu sedang. Tapi bila khawatir sepatu rusak, sebaiknya sebentar saja, dan jangan sekali-kali ditinggal.

Kulkas

Begitu pula dengan kulkas, yang masih ada hubungannya dengan makanan, tapi efektif membantu mengeringkan sepatu. Caranya, kosongkan bagian freezer. Guna mencegah bercampurnya kuman ke dalam makanan. Bungkus sepatu dengan plastik dan tertutup rapat. Biarkan di dalam freezer selama beberapa saat. Untuk memastikan, buka bungkusan dan raba langsung.

Kipas angin

Kipas angin juga efektif membantu. Pas pula untuk jenis sepatu kulit. Anda bisa menggantungkan sepatu di dekat jari-jari kipas dan nyalakan dalam putaran maksimal. Atau posisi yang sekiranya membuat sepatu mendapat paparan angin secara langsung. Diamkan hingga benar-benar tak ada sisa air yang masih mengendap.

Baca juga: Agar Baju Tetap Kering Dan Wangi Saat Musim Hujan

Hair dyer

Sumber angin yang lain, seperti hair dyer bisa dipakai. Terlebih suhu udara yang dikeluarkan alat ini cukup tinggi. Cocok untuk membuat permukaan sepatu mengering. Nyalakan dalam kecepatan tinggi, tetapi arahkan perlahan ke setiap bagian sepatu. Upayakan sedikit lebih lama untuk bagian dalam sepatu, sebab lapisannya lebih tebal dan cenderung mengandung banyak air. Ulangi terus dan bolak-bolak sampai seluruh permukaan sepatu normal kembali.

Vacuum cleaner

Vacuum cleaner pun jadi. Sebelumnya, buang dulu debu atau sampah yang masih mengendap di bagian pembuangan. Setelah itu, arahkan bagian penyedot ke arah sepatu. Sama seperti hair dyer, suhu angin yang dihasilkan berasa panas. Sesuai untuk sepatu yang basah dan masih lembap.

Baca juga: Hujan Datang, Rumah Tetap Nyaman

Koran dan handuk

Apabila tak ada alat elektronik yang membantu, gunakan koran dan handuk. Kedua barang ini mampu menyerap air secara maksimal. Pilih koran yang tidak banyak tertera tinta. Dengan koran atau handuk, tekan-tekankan pada sepatu agar partikel-partikel air segera berpindah. Memang tak sepenuhnya langsung membuat kering, namun setidaknya mengurangi air dalam porsi besar.

Beras

Lagi-lagi terdengar cukup unik, tapi beras dapat membantu sepatu kering. Ambil saja beras yang sekiranya tidak layak konsumsi. Lap sepatu dari lumpur atau noda. Masukkan ke dalam beras, pastikan semua bagian terselimuti, dan tutup rapat wadahnya. Sementara biarkan saja. Dalam diamnya, beras efektif mengembalikan sepatu nyaman dipakai lagi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments