03

Perlu Tahu Perubahan Fisik Ibu Hamil yang Masih Wajar

Selain bentuk perut yang membesar, ada beberapa perubahan fisik lain pada ibu hamil. Yang terpengaruh oleh hormon. Tak perlu dianggap sebagai masalah besar, lantaran ini wajar terjadi dan lumrah selama masa mengandung.

Perubahan juga tidak muncul sekaligus. Melainkan bertahap, hampir bersamaan dengan waktu pembagian trimester pertama hingga akhir. Misalnya di trimester pertama, ibu hamil akan merasakan pusing, kelelahan, morning sickness, dan emosi yang berubah-ubah. Lalu perubahan juga terasa pada emosi yang bergejolak naik turun.

Baca juga: Alasan Mualnya Ibu Hamil

Oleh karenanya, cari tahu lebih banyak dan mendetail mengenai perubahan yang Anda rasa. Banyak ibu hamil kemudian mulai tak percaya diri dan membawa dampak besar pada perasaan yang sebenarnya tak perlu terjadi. Tak baik pula untuk kondisi janin dalam kandungan. Sikapi dengan tenang dan hadirkan perasaan yang stabil agar masa kehamilan dijalani dengan nyaman.

Baca juga: Mitos Kehamilan yang Merugikan

Kaki besar dan lebar

Saat hamil, hormon bertugas membuat panggul melebar dan longgar. Hal ini berefek pada kaki yang membesar dan tampak lebar. Menjelang bayi lahir, banyak yang mengalami hingga kaki bengkak. Pilih penggunaan alas kaki yang flat. Jenis high heels rawan mengganggu keseimbangan tubuh. Dan tentunya rawan menimbulkan cedera.

Garis hitam di perut

Meski belum bisa dipastikan penyebabnya, seiring membesarnya perut, akan muncul sebuah garis hitam. Disebut dengan linea nigra. Memanjang vertikal dari pusar menuju perut bawah.

Garis ini tak perlu perawatan khusus. Menghilang dengan sendiri pasca proses melahirkan.

Muncul stretch mark

Sebagian besar ibu hamil juga mengalami stretch mark. Diduga akibat peregangan pada kulit yang bersamaan dengan bertambahnya kenaikan berat badan. Cara pencegahannya sendiri belum diketahui. Namun, ada baiknya tetap menjaga kelembapan dan menghindari kekeringan kulit. Setelah melahirkan, atasi dengan olahraga rutin dan mengonsumsi makanan sehat. Sekaligus langkah mengembalikan tubuh ke bentuk yang lebih ideal. Dengan begitu, urusan penampilan bagi para ibu selepas melahirkan bukan masalah yang pelik.

Baca juga: Persiapkan Ini Jelang Melahirkan, Agar Tenang Dan Nyaman

Payudara membesar

Wajar bila sampai payudara membesar. Area tubuh yang satu ini memang sedang dipersiapkan untuk memproduksi asi. Tidak sedikit yang mengalami air susu sudah keluar padahal masa melahirkan masih jauh. Bila ini terjadi, hindari menekan-nekan payudara. Supaya air susu tidak keluar deras dan malah membebani kehamilan. Juga membahayakan kesehatan janin di dalam.

Rambut melebat

Ada lagi perubahan yang kerap membuat tak nyaman. Yakni rambut melebat. Pengaruh aktif dari hormon pria yang bernama androgen. Rambut tak hanya tumbuh di bagian kepala. Akan tetapi tampak tumbuh subur di punggung, perut, dada, dan bagian tubuh yang lain. Tak masalah bila ingin menyingkirkannya. Asal tetap hati-hati memilih metodenya.

Perubahan warna pada vagina

Perubahan yang dialami vagina berupa pergantian warna. Biasanya menjadi keunguan atau kebiruan. Kondisi yang disebut dengan Chadwick’s Sign. Dipicu derasnya aliran darah ke area organ intim. Tidak semua mengalami. Namun bila ini terjadi, tetap tenang dan akan normal dengan sendirinya. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments