04

Board Game Seru untuk Sekeluarga

Saat akhir pekan, keluarga biasanya saling berkumpul dan mengisi waktu. Makin seru saat ada aktivitas yang bisa dilakukan bersama. Seperti bermain board game yang banyak sekali jenisnya.

Permainan yang sebenarnya mengandalkan papan, tapi sekarang tak harus demikian. Banyak jenis board game tanpa harus beralaskan papan. Terpenting permainan ini meminta kerja sama, konsentrasi, dan rasa solid dari para pemain. Juga mengalihkan perhatian dari canggihnya teknologi yang sering menyita kehangatan satu sama lain. Sehingga akhir pekan jadi lebih seru dengan bermain board game.

Baca juga: Bijak Menyikapi Kecanduan Pasangan Terhadap Game Online

Catur

Papan catur bisa dimainkan oleh dua orang. Terdiri dari 8×8 kotak dengan dua warna berbeda. Masing-masing akan mendapat pasukan berjumlah sama. Beradu strategi guna menyingkirkan anggota yang dipunyai. Pemain dinyatakan menang bila mampu membunuh raja lawan, meski telah kehilangan banyak buah caturnya. Biasanya peristiwa ini dipekikkan dengan suara “skakmat”.

Ular tangga

Ular tangga juga enak untuk dimainkan bersama. Lewat undian dadu, para pemain bisa bersaing untuk mendapat angka banyak, sehingga bisa merangkak ke nomor tertinggi. Dengan tetap waspada agar tidak terkena kotak yang berisi mulut ular terbuka. Sayang sekali bisa turun drastis dan mengulang kembali dari awal. Permainan yang seolah mengandalkan pada mujur dan keberuntungan.

Baca juga: Pentingnya Anak Bisa Mengenal Keluarga Besar

Twister

Permainan Twister meminta para pemain untuk bergerak aktif. Di atas, semacam karpet yang cukup luas, ada titik-titik berwarna merah, kuning, hijau, dan biru. Pemain diminta meletakkan kaki dan tangan sesuai petunjuk. Maka terlihat keseruan karena pose tubuh yang berubah-ubah. Juga berebut posisi agar tak kesulitan meraih titik yang sudah ditetapkan.

Monopoli

Board Game Monopoli terkenal saat 90-an. Hingga sekarang permainan ini masih asyik dilakukan. Para pemain berlomba menjadi kaya dengan memiliki rumah dan properti sebanyak-banyaknya. Untuk itu, sebisa mungkin membuat lawan main bangkrut dan kena denda. Dengan menggunakan uang palsu sebagai modal utama.

Kartu Uno

Bermain Kartu Uno mirip dengan jenis kartu yang lain. Dalam setiap kartu ada angka 0-9. Setiap kartu terdiri dari dua warna. Dimulai dari mengocok semua kartu, yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Setelah itu setiap peserta mendapat 7 kartu, dan satu kartu di letakkan di tengah. Yang biasanya disebut dengan kartu buangan.

Jenga
Jenga masuk dalam kategori board game yang merupakan susun balok kayu. Satu set terdiri dari 54 buah. Para pemain diminta menyusun semua balok, di tiap lantainya ada 3 balok. Posisi balok berbeda untuk tiap lantai. Selanjutnya, tarik satu per satu balok yang ada. Pemain dianggap kalah jika menjatuhkan struktur susunan.

Boogle

Permainan satu ini ialah menyusun kata. Hampir mirip scramble. Mencari dan menghubungkan huruf-huruf yang tersusun acak untuk menemukan satu kata. Satu kata bisa dilanjutkan ke kata yang lain, bisa pula letaknya berjauhan. Ada yang dalam posisi horizontal, vertikal, dan diagonal. (LAF)

Baca juga: Romantisme Ala-Ala Rumahan

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments