02

Cara Benar Menangani Ular yang Masuk ke Rumah

Banjir melanda beberapa daerah di Bintaro. Kekhawatiran sebagian besar warga apabila ada ular yang ikut terbawa oleh air yang masuk ke hunian. Apalagi akhir-akhir ini beberapa warga ada yang mendapati ular di sekitar, bahkan dalam rumah.

“Musim hujan adalah waktunya telur-telur ular menetas. Dan begitu menetas, anak ular yang baru lahir akan mencari air,” jelas Hair Siregar, salah satu pengurus Yayasan Sioux Indonesia, komunitas pencinta ular. Hal tersebut ia ungkapkan ketika memberikan edukasi penanganan ular kepada warga River Park GH, pada Rabu (25/12) lalu.

Apalagi, imbuhnya, saat ini habitat ular makin sedikit, karena itu tak heran ular kerap “tersesat” di sekitar perumahan. Penanganan yang tepat dapat meminimalisir terjadi cedera atau kasus tergigit ular. Berikut beberapa saran dari Yayasan Sioux Indonesia dalam penanganan ular.

Baca juga: Tanaman untuk Mengusir Binatang yang Mengganggu

Anak Ular

Bila yang masuk ke rumah Anda adalah ular kecil atau anak ular, ini yang harus Anda lakukan:

  1. Tetap tenang dan jaga jarak tapi tetap amati pergerakan ular.
  2. Ambil sapu dan serokan/pengki yang bergagang tinggi, dan ember besar.
  3. Dari belakang, sapu ular seperti menyapu kotoran hingga masuk ke serokan, kemudian tekan sapu ke tubuh ular agar ular tidak bergerak.
  4. Setelah itu Anda bisa memasukkan ular ke dalam ember, lalu tutup ember.

Cara lain:

  1. Ambil ember, balikkan, tangkupkan ember ke kepala ular, sehingga ular terjebak di dalam ember.
  2. Ambil pemberat, misalnya batu, agar ember tidak bergerak.

Hati-hati!

Jangan duduk di atas ember, karena bila lantai tidak rata, ular masih bisa keluar melalui sela-sela ember dan menggigit kaki Anda.

(untuk melihat video cara menangani ular dan anak ular, cek IG @etalasebintaro)

Ular Dewasa

  1. Tetap tenang, jangan panik, tetap amati pergerakan ular.
  2. Ambil ember, balikkan.
  3. Lalu dari arah samping atau depan arahkan bagian ember yang terbuka ke depan ular. Setelah itu dekatkan kepala ember ke kepala ular, dan langsung tangkupkan ember.
  4. Biarkan bagian badan hingga ekor sedikit demi sedikit masuk ke dalam ember. Ular menyukai tempat yang gelap.
  5. Beri pemberat di atas ember. Hubungi segera ahli yang bisa menangani ular.

Perhatikan ini, bila ular yang Anda temukan adalah jenis cobra, sebaiknya gunakan kacamata, karena ular cobra bisa menyemburkan bisa.

Alternatif lain

Kucing adalah binatang yang sangat peka terhadap ular. Karena itu, berbahagialah bagi Anda yang memiliki kucing. Karena kucing akan langsung memburu ular. “Ketika lapar, kucing akan memakan ular. Bila sudah kenyang, kucing akan memainkan dan membunuh ular tersebut,” ujar Hair.

Namun yang paling penting adalah cegah ular masuk ke rumah. “Ular biasanya datang karena mencium mangsanya, yaitu tikus dan kodok. Karena itu pastikan rumah bersih dari makanan ular,” saran Hair. (YBI)

 

Foto: Etalase Bintaro/Yudhanti

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments