01

Waspadai Ini Setelah Perayaan Tahun Baru

Tahun yang baru telah tiba. Perayaannya penuh semarak dan gegap gempita. Tapi jangan sampai membuat Anda terlena. Tetap waspada, dan ada baiknya perhatikan kembali agar kondisi tetap dalam keadaan yang baik.

Sebab perayaan tahun baru yang terjadi hanya semalam, sangat mungkin meninggalkan dampak yang berkepanjangan. Pada diri sendiri maupun relasi dengan orang lain. Akibatnya, efek harus ditanggung saat tanggal-tanggal pertama menandai di kalender yang baru.

Tentu tak menyenangkan. Dibiarkan mengendap dapat menjelma jadi bom waktu. Sedang diselesaikan akan menyedot energi dan waktu yang tidak sedikit. Namun bagaimanapun tetap lebih baik diobati, daripada dibiarkan saja.

Baca juga: Acara Seru Menyambut Tahun Baru 

Misalnya saja efek dari pesta pora dan acara liburan berhari-hari sebagai bagian menyambut malam tahun baru. Apalagi ada jadwal libur sekolah anak-anak. Walau terbilang singkat, rasanya penyambutan tahun baru terasa begitu panjang. Dari perayaan yang dimulai di berbagai tempat, seperti luar kota dan wahana rekreasi, berlanjut di rumah dengan keluarga besar. Hingga nanti jadwal masuk kantor tiba kembali.

Kesehatan

Selalu utamakan kesehatan. Meski banyak menu kuliner yang tersedia dan bebas dijajakan, tetap pilih yang menyehatkan. Dalam sehari, minimal ada porsi sayur dan buah yang seimbang. Lengkapi dengan multivitamin sebagai penambah stamina. Sekaligus penjaga fisik dari kuman atau bakteri yang mengendap di makanan.

Keuangan

Coba tilik kembali bagaimana kondisi finansial. Apakah tetap sesuai perencanaan atau malah jebol oleh pengeluaran yang tidak terduga. Menjadi rahasia umum liburan dan tahun baru menyedot anggaran yang cukup lumayan besar.

Tahun baru masih diawal, perjalanan masih panjang. Segera perbaiki bila tak ingin terus menerus didera mimpi buruk karena keuangan yang berantakan.

Link: Pentingnya Refleksi Finansial Di Akhir Tahun

Keluarga

Keluarga adalah segalanya. Jalin kembali silaturahmi yang mungkin sempat ternodai oleh kesibukan atau konflik tertentu. Bila di tahun sebelumnya tidak banyak waktu bersama mereka, kini saatnya mengubah keadaan. Jadwalkan untuk bisa bertemu dan berkomunikasi. Sehingga hidup tak terasa hampa. Ada kehangatan, kehadiran, dan doa dari orang-orang tercinta mengiringi setiap langkah sehari-hari.

Pekerjaan

Tinjau dan refleksi kembali mengenai profesi yang sedang digeluti. Terlebih bila ada keinginan yang belum tercapai. Seperti kenaikan gaji, jenjang karier, relasi dengan sesama rekan, dan sebagainya. Hal ini akan menuntun Anda pada perencanaan kerja yang lebih matang.

Target yang belum tercapai

Mungkin Anda dulu sempat membuat resolusi. Sebagian sudah tergapai, tapi sangat mungkin banyak yang belum dan perlu direvisi. Baca lagi mumpung hari-hari terbilang masih pagi. Masih tersedia banyak hari dan bulan yang bisa membantu jika rencana perbaikan dimulai dari sekarang.

Link: Pentingnya Evaluasi Hubungan Bersama Pasangan Di Tahun Baru

Berdamai dengan diri sendiri

Terakhir, mari berdamai dengan diri sendiri. Memaafkan segala sesuatu yang telah terjadi di masa lampau. Bersumber dari dalam diri atau terpicu oleh ulah orang lain. Setidaknya dengan berdamai, setiap langkah akan terasa ringan. Melepas beban dan mengundang senyum kebahagiaan. Plus, terpenting jiwa raga menjadi tenang dan damai. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments