31

Profesi yang Tetap Sibuk Saat Tahun Baru

Bersyukurlah jika Anda bisa libur bekerja saat tahun baru. Banyak profesi yang tidak memungkinkan untuk mengambil jeda sejenak saja. Bahkan tahun baru malah kian menyedot tenaga dan waktu yang ekstra.

Tapi sumbangsih mereka untuk tetap bekerja amat terasa. Memastikan tahun baru yang padat dengan aneka agenda baik-baik saja. Meski jasanya dianggap biasa jasa, atau sering tak terasa. Tanpa kehadiran mereka, dijamin berbagai gangguan menanti sebelum dan sesudah perayaan tahun baru nanti.

Baca juga: Atasi Lembur di Malam Tahun Baru

Petugas kebersihan

Dalam 24 jam, petugas kebersihan harus siap siaga. Memastikan setiap sudut bersih setiap saat. Tak jarang mereka harus memungut sampah di tempat yang tak seharusnya. Karena itu, bantu meringankan tugas mereka dengan selalu membuang sampah pada tempatnya.

Petugas keamanan

Begitu pula dengan petugas keamanan. Kepolisian, militer, maupun korps satuan tugas lain yang bergabung dan saling berkoordinasi untuk memberikan rasa keamanan saat tahun baru berjalan. Termasuk mereka yang mengawasi palang pintu air, penjaga pantai, petugas pos di pintu pendakian gunung, serta masih banyak lagi. Sedikit pun tak boleh lengah agar bencana bisa diminimalisir.

Pihak perbankan

Setiap tahun baru bank memang tutup. Tapi tetap ada yang menjalankan dan menjamin sistem operasionalnya lancar. Tak terbayang bagaimana bila jaringan perbankan terganggu. Perputaran uang bisa tersendat, transaksi berhenti. Apalagi kebutuhan pada uang tunai kian menipis. Terganti oleh uang elektronik, kartu debet, kredit, dan sejenisnya.

Penjaga sinyal

Penjaga sinyal tak pernah tampak. Tapi berkat mereka, kita terus bisa mengikuti info terbaru di dunia maya. Sekadar melihat konten di linimasa, live, mengunggah foto dan video, bertelepon ria, juga bercakap-cakap lewat aplikasi. Sebagian dari mereka bahkan harus kerja lembur dari pagi hingga tengah malam.

Jurnalis

Jurnalis harus standby. Mengabarkan setiap warta yang tak boleh terlewat jadwal. Dari bobot yang ringan, hingga yang paling aktual dan urgen. Terlebih seluk beluk perayaan tahun baru tentu ditunggu-tunggu khayalak ramai dan warganet yang setia memelototi layar kapan saja.

Di bidang transportasi

Transportasi di tahun baru tak boleh terganggu. Ini berkat jasa dan jerih payah mereka yang berkecimpung di dalamnya. Dari yang berjalan di darat, laut, maupun udara. Punya jadwal yang padat mengantarkan penumpang liburan ke sana ke mari, tetapi harus rela tak berlibur dengan keluarga sendiri.

Baca juga: Transportasi yang Paling Banyak Diburu Saat Akhir Tahun

Yang bekerja di wisata dan belanja

Sama halnya dengan profesi jasa di bidang wisata dan belanja. Tetap masuk kerja supaya pelayanan ke konsumen tetap lancar dan memuaskan. Lihat saja yang ada di berbagai tempat wisata, mal, wahana, dan sebagainya. Ada satu dua karyawan saja yang cuti, karyawan lain harus mengambil alih dan menanggung bebannya. Terlebih pengunjung sering membludak begitu tahun baru tiba.

Baca juga: Pikir Ulang Sebelum Menikmati Diskon Akhir Tahun

Distributor

Peran sebagai distributor perlu diapreasiasi. Mengamankan pasokan kebutuhan yang bermacam-macam selama tahun baru. Bahan bakar, sumber bahan makanan, serta lainnya. Menembus jalanan yang padat, asal barang yang diantar sampai ke tujuan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

 

Comments

comments