30

Ide Liburan Bersama Anak Saat Orang Tua Tetap Masuk Kerja

Libur sekolah memang sering berbarengan dengan akhir tahun. Sayangnya, belum tentu bertepatan dengan libur kerja orang tua. Lalu bagaimana dengan agenda liburan akhir tahun bersama? Tenang saja, banyak ide yang bisa dilakukan bersama anak.

Aktivitas yang tidak kalah serunya dengan keluarga lain, yang mungkin bisa mengisi liburan dengan pergi ke luar kota. Atau berkunjung pada sanak saudara yang jauh jaraknya. Tapi sekiranya tetap menghasilkan rasa yang ditunggu-tunggu oleh hampir setiap keluarga. Yakni menghabiskan waktu bersama-sama, setelah berbagai kesibukan mewarnai setiap hari.

Ditambah mampu menghapus rasa bersalah, yang biasanya menghampiri para orang tua, karena tidak bisa mengadakan liburan akhir tahun. Serta anak-anak tak kecewa dengan hari libur yang sudah menjadi jatahnya. Ada keseruan menanti, terpenting bersama orang-orang yang mengasihinya.

Baca juga: Membuat Cuti Akhir Tahun Bebas dari Pekerjaan Menumpuk

Tetap seru di rumah

Ciptakan kesan bahwa rumahku adalah tetap istanaku. Keceriaan dan kesenangan bisa didapat dari dalamnya. Dengan berbagai kegiatan yang muncul dari salah satu, atau hasil berembug bersama. Apalagi orang tua tak punya cukup banyak waktu untuk mengajak anak keluar rumah.

Misalnya saja membuat prakarya dengan memanfaatkan barang-barang bekas di rumah. Menemani anak bermain peran, menyusun lego, memasak makanan favorit beramai-ramai, dan sebagainya.

Baca juga: Kota Favorit Liburan Akhir Tahun Buat Keluarga

Tak hanya itu, keseruan juga bisa didapat dengan movie marathon. Film yang bergenre anak-anak dan keluarga bisa menjadi pilihan. Sembari mengambil posisi santai, menikmati kudapan ringan, dan mengobrol tanpa arah. Membangun kembali kehangatan lewat acara santai tapi bermakna.

Menyiapkan malam tahun baru

Saat malam tahun baru tiba, hadirkan momen yang mengena dan tak terlupakan.

Tanpa harus keluar rumah, ajak anak melakukan aktivitas yang tidak biasa. Seperti tidur lebih larut. Sebagai gantinya menyalakan kembang api, membakar jagung, makan malam bersama keluarga besar, memberikan hadiah, serta masih banyak lagi.

Hitung bersama waktu yang sudah akan berganti. Iringi dengan doa dan atau biarkan mereka mengisi malam tahun baru sesuka mereka.  

Ke wahana terdekat

Bila ada kesempatan, pergi ke wahana bermain terdekat tentu pilihan yang menarik. Contohnya playground, mal, taman terbuka, pasar malam, dan tempat-tempat mengasyikkan yang banyak dibuka menjelang akhir tahun. Orang tua tak perlu izin cuti, dan anak tetap happy. Meski liburan akhir tahun tak pergi jauh, anak merasakan suasana yang berbeda.

Playdate

Coba hubungi teman atau para orang tua yang juga tetap kerja di akhir tahun. Tawarkan untuk mengadakan playdate bersama. Acara bisa digelar di rumah atau di tempat lain. Asalkan anak-anak bisa ketemu dan bermain penuh sukacita.

Semalam di hotel

Semalam menginap di hotel juga tak ada salahnya. Pilih lokasi terjangkau, jadi tak memakan banyak waktu. Kala akhir pekan atau bersamaan dengan akhir tahun, di mana banyak hotel sudah menyiapkan berbagai paket acara menarik. Plus kuliner yang dihasilkan oleh para koki hebat. (LAF)

Baca juga: Acara-Acara Tahun Baru Seru di Dekat Bintaro

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments