29

Transportasi di Jakarta yang Paling Banyak Diburu Saat Akhir Tahun

Liburan akhir tahun sudah menjelang. Banyak yang merencanakan datang ke ibukota. Menyaksikan segala gegap gempita. Dan menikmati transportasi yang tidak ada di daerah lainnya. Apa saja?

Apalagi beberapa transportasi yang ada di Jakarta dilengkapi dengan kecanggihan teknologi yang masih baru, terutama untuk masyarakat di luar ibu kota. Menawarkan kenyamanan dan modernisasi. Tak terhalang rambu-rambu lampu dan macet. Di samping ongkosnya yang ringan, membuat liburan jadi lebih murah meriah.

Baca juga: Trik Memangkas Bujet Transportasi

Selain itu, memburu transportasi andalan bukan saja untuk penghubung antara satu tempat dengan tempat yang lain. Bukan pula untuk mempercepat jarak.

Melainkan banyak yang menjadikan transportasi sebagai sebuah bagian pariwisata. Lalu mengabadikannya ke dalam bentuk video dan foto.

Alhasil, keramaian liburan akhir tahun terlihat di mana-mana. Di lokasi yang memang sudah disiapkan menyambut tahun baru. Juga di titik-titik keberangkatan transportasi. Lengkapi diri dengan informasi yang pas. Supaya dalam keramaian Anda lebih sigap dan menikmati sepenuhnya perjalanan di rute-rute ibu kota.

Baca juga: Aturan Tak Tertulis Naik Transportasi Publik Massal

MRT

Foto: jakartamrt.co.id

Mass rapid transportation (MRT) adalah transportasi yang saat ini paling diminati. Kereta modern yang melaju mulus antara Lebak Bulus hingga Bundaran HI. Sepanjang jalur tersebut, berdiri lama pun tak terasa. Sangat nyaman, bersih, dan ontime. Berlari dari jalan layang lalu menuju terowongan bawah tanah yang menimbulkan sensasi tersendiri.

Per penumpang diharuskan membayar lewat uang elektronik. Di dalam area stasiun dan kereta tidak diperbolehkan makan, minum, merokok, duduk lesehan, apalagi membuang sampah sembarang. Ada denda yang siap menanti bagi pelanggar. Petugas juga akan memeriksa setiap barang yang dibawa calon penumpang sebelum memasuki area masuk.

LRT

Foto: ekonomi.bisnis.com

Lintas kereta terpadu (LRT) baru saja diluncurkan. Rutenya baru antara Kelapa Gading sampai Velodrome. Hampir mirip dengan MRT, namun hanya melintas di jembatan layang. Selebihnya mengenai aturan pada penumpang hampir sama. Asal Anda sudah memiliki saldo yang cukup di kartu e-money dan tak menyalahi ketentuan, silahkan nikmati pemandangan kota Jakarta dari sudut yang berbeda.

Commuter Line

Foto: sinarharapan.co

Commuter line atau yang lebih dikenal dengan KRL telah lama ada. Namun hingga kini masih diminati, terutama pendatang dari luar Jakarta. Apalagi KRL menghubungkan Jakarta dengan kota-kota satelit di sekitarnya, yang semakin memangkas waktu tempuh. Gerbong paling depan dan paling belakang tidak diperbolehkan bagi para pria. Beroperasi dari subuh sampai menjelang tengah malam.

Baca juga: Transportasi Ikonik Dari Berbagai Negara

Busway

Foto: id.wikipedia.org

Ada yang menyebutnya dengan busway, ada pula yang menamai Trans Jakarta. Bus yang memiliki jalur khusus dan hampir menelusuri tiap sudut ibu kota. Bagian paling depan diistimewakan untuk para wanita. Naik dari halte dan mesti turun di halte pula. Beberapa rute tampaknya akan sangat padat di malam pergantian tahun. Seperti rute Blok M menuju Kota Tua.

Bus tingkat

Foto: toyota.astra.co.id

Transportasi yang juga banyak diburu adalah bus tingkat. Tidak dipungut biaya dan mengajak penumpangnya berkeliling di seputar Jakarta Pusat. Anda bisa menunggu di titik-titik khusus tempat pemberhentian dan baru dapat naik jika kursi masih tersedia. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments