27-2

Berbagai Teknik Membentuk Alis Ideal

Alis yang “cetar” sering jadi modal utama bagi penampilan kaum hawa. Mendapat bentuk yang sempurna seolah sudah jadi kewajiban sebelum langkah pertama keluar rumah. Tapi, tentunya sadari pula, bentuknya harus tetap ideal.

Seperti menyamakan dengan bentuk mata dan wajah. Bisa saja alis yang sebenarnya sudah terbentuk sempurna malah menghasilkan kesan wajah garang, karena polesan warna yang terlalu gelap nan tebal.

Perhatikan pula alat yang akan digunakan. Dari pisau cukur, pinset, serta pensil alis. Banyak yang menilai pensil alis tidak berpengaruh apa-apa pada kulit. Tapi jangan salah. Pensil juga mempunyai batasan umur yang boleh digunakan. Lihat kembali pada tulisan yang tertera di kemasan. Bersihkan sisa-sisanya agar bagian alis tidak lembap dan menjadi sarang kuman.

Jadi bukan saja bentuk yang perlu didapat. Kulit, terutama di area alis, tetap perlu dijaga kesehatannya.

Baca juga: Kapan Harus Segera Menemui Dokter Kulit?

Cabut alis

Cabut alis merupakan metode yang paling mudah dan murah. Plus bisa dilakukan sendiri di rumah. Anda hanya perlu menyiapkan pinset dan cermin besar. Pastikan pinset dalam keadaan bersih (tidak karatan atau bekas dipakai orang tanpa dicuci). Lalu tandai beberapa helai rambut yang akan dicabut.

Upayakan untuk tidak mencabut helai rambut lebih dari satu. Biasanya malah tidak tercabut sampai ke akarnya. Rambut justru tumbuh ke dalam dan rawan radang. Paling ideal, ambil helai rambut yang sekiranya tumbuh di luar garis alami alis. Selebihnya biarkan saja.

Hati-hati pula saat pencabutan selesai dilakukan. Mungkin kulit akan berwarna kemerahan. Atasi dengan memberikan masker dari mentimun atau bahan alami yang lain.

Baca juga: Perawatan Kulit Dari Dapur Sendiri

Waxing alis

Waxing alis juga metode untuk menyingkirkan helai rambut yang tidak diinginkan. Menggunakan bahan utama lilin. Lilin yang masih cair dan panas segera dioleskan pada helai rambut, lalu ditutup dengan waxing strip, dan dicabut dengan segera. Helai rambut segera ikut tercerabut dan bentuk alis yang diharapkan bisa didapat.

 

Sayangnya langkah ini menimbulkan nyeri yang cukup terasa. Juga kemerahan pada area alis yang cukup terlihat. Karena itu dianjurkan dilakukan oleh yang sudah ahli, seperti tenaga kecantikan di salon. Sebab seringkali bila dikerjakan sendiri, apalagi belum sepenuhnya terbiasa, waxing harus dilakukan berulang. Sakit dan kemerahan juga mesti ditanggung lebih berat kadarnya.

Threading alis

Metode threading alis dinilai lebih sehat ketimbang waxing. Alat utamanya ialah benang. Sehelai benang akan direntangkan pada bagian rambut yang akan dicabut. Lalu ditarik seketika. Pengerjaannya mengharuskan satu per satu, tidak bisa serentak.

Akan tetapi hasilnya lebih baik. Selain tidak menimbulkan rasa nyeri berlebihan seperti dalam metode waxing, threading sangat memungkinkan rambut tercerabut sampai ke akarnya.

Luka yang dihasilkan juga lebih ringan. Kulit tidak kemerahan dan membutuhkan perawatan lebih lanjut.

Tidak ada pula tambahan bantuan bahan kimia. Sehingga bisa ditempuh oleh pemilik kulit yang sensitif sekalipun. Konsumen yang ingin mendapat bentuk alis yang ideal dan sehat tinggal memilih opsi yang dikehendaki. (LAF)

Baca juga: Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Sulam Alis

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments