13

Mudah Menjaga Kesehatan Ketiak

Ketiak itu bagian tubuh yang unik. Sebuah lekukan yang kerap mendapat gesekan dengan lapisan kulit yang tipis. Tapi sekali menjadi sakit, efeknya bisa besar bagi tubuh. Jadi, kesehatannya tak boleh diabaikan.

Juga jangan berhenti bahwa menjaga ketiak cukup dengan menghindari areanya jadi basah. Mengatasi keringat yang bisa menembus pakaian, yang sering membuat malu pemilik ketiak. Menjaga kesehatan ketiak perlu menyeluruh ke soal-soal lainnya, seperti bulu rambut, akar rambut, warna kulit, tekstur kulit, dan sebagainya.

Hal ini untuk menghindari ketiak yang sakit. Ditandai dengan adanya gatal, ruam, bau tak sedap, menghitam, tumbuhnya bisul, nyeri, serta lainnya.

Saat ketiak sakit, gerakannya juga menimbulkan ketidaknyamanan ketika diajak bergerak. Terutama ketika lengan diangkat ke atas atau terlipat. Pun ingin menggunakan pakaian jenis terbuka jadi tak percaya diri. Ketimbang menderita, lebih baik cari informasi yang benar mengenai perawatan ketiak.

Baca juga: Cara Ampuh Cerahkan Ketiak Yang Menghitam

Hindari mencabut bulu

Mencabut bulu bukan langkah yang disarankan. Selain kulit dapat iritasi, rambut bisa berubah tumbuh ke dalam dan membuat peradangan. Sebagai gantinya, Anda bisa mencukur rutin di rumah. Namun tetap perhatikan alat atau razor yang digunakan. Mulai dari atas ke bawah, serta tambahkan krim cukur sebelumnya. Setelah selesai, basahi kembali area ketiak agar pori-pori segera menutup. Atau menempuh langkah waxing yang bisa dilakukan sendiri atau lewat bantuan orang yang ahli.

Baca juga: Menghilangkan Bulu Dengan Benar

Gunakan pelindung yang pas

Pada umumnya, deodorant dianggap sebagai pelindung terbaik. Yakni mengatasi keringat berlebih. Padahal sebenarnya deodorant tidak dianjurkan, khususnya bagi Anda yang alergi. Bahan kimianya membuat ketiak menghitam, parfumnya justru merangsang alergi lebih parah lagi.

Ubah ke bentuk pelindung yang lain. Misalnya bedak tabur yang dispesialkan bagi ketiak atau bedak bayi. Tekstur bedak mampu menyerap keringat dengan efektif, bahan kimia yang terkandung tidak seberbahaya dalam deodorant.

Sesekali aplikasikan masker

Sesekali aplikasikan masker khusus ketiak. Tujuannya untuk memberikan kesegaran dan mengatasi warna hitam berlebihan. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Antara lain ada baking soda, lidah buaya, kulit jeruk, minyak kelapa, mentimun, gula, dan lemon. Pilih salah satu, dan oleskan dengan perlahan. Diamkan lalu akhiri dengan dibilas seperti biasa. Penggunaan masker yang rutin akan memberikan hasil yang maksimal.

Kenali tanda penyakit yang menyerang

Ketiak juga dapat menjadi penanda bagi kesehatan tubuh. Karenanya jangan abaikan gejala yang terasa.

Contohnya saja muncul keringat bau yang berlebih, adanya benjolan yang dari waktu ke waktu membesar, ruam merah, gatal, dan lainnya. Bila bingung tak tahu mengapa, segera pergi ke ahli kesehatan untuk mendapat kepastian. Sehingga sakit di ketiak tak parah, dan andai ada penyakit lebih serius segera tertangani.

Baca juga: Ketika Menemukan Benjolan di Payudara

Jangan biarkan lembap

Selain itu, jangan biarkan ketiak terus menerus lembap. Kuman dan jamur mudah sekali mengendap, lantas menjadikan ketiak sarang berkembang biak. Segera ganti pakaian dengan yang bersih bila sudah terasa basah. Juga biarkan ketiak sesekali terkena udara segar. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments