05

Jenis Pohon Peneduh yang Cocok untuk di Rumah

Pohon peneduh tidak hanya berlaku untuk jalan raya. Ia bisa dihadirkan untuk kebutuhan rumah. Terutama halaman utama. Apa saja jenisnya?

Pohon peneduh memiliki banyak fungsi. Salah satunya tentu sebagai pengada kesejukan bagi rumah. Dahannya yang rimbun akan dedaunan mampu menghalangi sinar terik agar tak langsung masuk ke dalam rumah. Mereka juga dapat menyaring polusi atau udara kotor. Tak aneh bila kemudian dari teduh, rumah pun lebih terasa sejuk.

Baca juga: Perhatikan Ini Sebelum Meletakkan Tanaman di Dalam Rumah

Di samping pohon peneduh bisa menjelma sebagai penghias. Memenuhi unsur estetika juga rumah jadi lebih asri. Siapapun yang memandang akan ikut menikmati hijaunya pohon yang berdiri.

Tapi tetap perhatikan fisiknya. Seperti akar besarnya dapat merusak fondasi rumah dan pagar. Atau dan ranting dan dahan yang tak tak terawat dan terlalu mendekat bisa mengancam kokohnya atap. Agar kehadirannya tidak membawa kerugian yang berarti. Meski tentu sampah daun tak bisa dihindari. Terpenting kesejukan dan hawa dingin terus menyelimuti.

Pohon tabebuya

Foto: tokopedia.com

Pohon tabebuya terkenal gara-gara ditanam di area pinggir jalan di Surabaya. Pohon ini juga bisa ditanam di halaman rumah. Mudah dirawat dan tidak merepotkan. Warna bunganya pun sangat cantik. Ada yang merah muda, ada pula yang kuning.

Pohon mangga

Bila ingin yang menghasilkan buah, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada pohon mangga. Ukurannya yang cukup besar dan rindang dapat menjadi penghalang panas masuk ke dalam rumah. Tinggal diatur posisinya supaya tumbuhnya tidak terlalu condong ke arah rumah atau ke jalan. Selain adem, tentu masa panen menjadi momen yang ditunggu-tunggu berkat hadirnya pohon ini.

Pohon kersen

Foto: radarsurabaya.jawapos.com

Pohon kersen masuk kategori pohon peneduh yang baik. Dahannya tidak terlalu besar, tingginya sedang, dan lajur akarnya tidak membahayakan. Buahnya kecil-kecil berwarna warni dan bisa dinikmati. Pohon kersen juga disebut-sebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan., khususnya dari daunnya. Diantaranya untuk mengontrol kolesterol, mengobati diabetes, anti kanker, anti bakteri, anti peradangan, mencegah darah tinggi, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Pohon ketapang kencana

Foto: bukalapak.com

Bentuk pohon ketapang kencana sangat indah. Tumbuh keatas, langsing, sedang dahan-dahannya ke samping. Yang menarik dari ciri khas pohon ini adalah dahannya tumbuh berlapis-lapis dan mendatar. Karakter yang sangat unik dan cantik. Sangat layak untuk menghias area halaman dan memberikan kesejukan.

Baca juga: Tanaman untuk Mengusir Binatang yang Mengganggu

Pohon pucuk merah

Foto: dekoruma.com

Tergantung bagaimana merawatnya, pohon pucuk merah sebenarnya sangat mudah dibentuk sesuai selera. Apalagi batang utama tidak terlalu besar, dan dahan-dahannya cukup kecil. Biasanya ditanam bergerombol dan membentuk berbagai macam rupa. Banyak yang sengaja dibiarkan tumbuh memadat, layaknya sebuah pagar, lantas bagian atas dan samping dirapikan.

Palem

Jika lahan di rumah cukup luas, Anda juga bisa menanam pohon palem. Dari kejauhan sudah menghasilkan citra tropis. Pas untuk rumah bergaya mediterania atau lainnya. Pohon ini memiliki karakter tubuh yang tinggi dan ramping. Tingginya bisa mencapai 20 meter. Bentuk daunnya menyerupai pohon kelapa. Hati-hati bila bagian daun sudah menua, sebab jatuhnya bisa membuat luka. (LAF)

Baca juga: Trik Menyegarkan Tanaman Kembali

 

Foto ilustrasi: Pexels, Pixabay

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments