02

Membuat Cuti Akhir Tahun Bebas dari Pekerjaan Menumpuk

Akhir tahun tinggal sejengkal lagi. Liburan sudah membayang di hati. Diikuti dengan pengajuan cuti. Tapi bagaimana membuat cuti benar-benar bebas dari pekerjaan yang selama ini menumpuk setiap hari?

Tentu ada trik dan tipsnya. Menyelesaikan segala tugas yang mungkin harus dibarengi dengan usaha yang lebih keras lagi. Lebih dari hari-hari biasa. Supaya tidak ada yang menghantui selama liburan berlangsung. Di samping tentunya menyenangkan pihak kantor dan rekan-rekan, akibat tidak ada beban yang ditinggalkan.

Bila yang terjadi sebaliknya, bisa ditebak bagaimana cuti kelak. Masih ada tanggung jawab yang diemban selama liburan. Di tengah-tengah waktu yang berjalan, Anda masih harus sejenak menyingkir untuk menyelesaikan sisa yang ada. Atau mendadak dihubungi rekan untuk ikut memikirkan sebagian pekerjaan. Alhasil liburan tidak sesuai harapan. Cuti masih dibayang-bayangi tumpukan pekerjaan.

Baca juga: Saat Harus Bekerja Jauh dari Keluarga

Buat prioritas

Mumpung masih ada waktu, buat prioritas dari sekarang. Untuk pekerjaan yang bersifat harian, bisa dikerjakan seperti biasanya. Sementara pekerjaan yang bertenggat mendekati akhir tahun, ada baiknya diselesaikan dalam waktu dekat. Hal ini akan mencegah kerumitan yang bisa menggagalkan liburan tanpa pekerjaan. Misalnya bertemu masalah, bisa dipecahkan dari sekarang. Jeda yang menyiapkan kesempatan cuti benar-benar merdeka dari segala urusan kantor.

Deadline sesuai jadwal

Pastikan deadline sesuai jadwal. Atau seperti yang telah disebutkan tadi, lebih cepat dari batas akhir. Andai tidak ada deadline yang diharuskan oleh atasan, coba buat limit untuk diri sendiri. Bila perlu tulis sebagai bahan pengingat. Tambahkan dan siapkan langkah darurat, apabila menemui kendala.

Lembur

Jangan ragu untuk mengambil jam lembur. Demi usainya pekerjaan yang menumpuk. Beri jatah setiap hari atau di hari tertentu rentang lama tambahan yang khusus digunakan untuk mengejar tenggat akhir.

Kadang lembur juga tak harus berdurasi panjang. Asal rutin dan Anda fokus pada pekerjaan, lembur dapat dijalani dengan singkat.

Jangan menerima pekerjaan tambahan

Tetapi ingat, jangan menerima pekerjaan tambahan. Selesaikan terlebih dulu apa yang sudah menjadi tanggung jawab Anda. Terlebih pekerjaan yang sifatnya proyek dadakan dan membutuhkan respon cepat. Meski diiming-imingi imbalan yang menggiurkan. Termasuk sementara urungkan niat untuk membantu dalam bagian pekerjaan rekan. Jika memang bagian Anda sendiri sudah selesai, lebih bijak untuk membantu. Tidak memaksakan diri dan tetap ambil porsi yang ringan.

Singkirkan godaan

Singkirkan segala macam godaan yang membuat Anda terlena. Boleh saja menyiapkan aneka kebutuhan sebagai bekal liburan. Tapi tetap pasang konsentrasi tinggi agar cuti nanti benar-benar merdeka. Misalnya, datang kantor ontime agar waktu bekerja bisa lebih lama. Juga jangan terus menerus asyik dengan waktu istirahat sehingga lupa untuk segera kembali ke meja kerja.

Tetap jaga kesehatan

Sesibuk dan sebanyak apapun pekerjaan yang ada, tetap jaga kesehatan. Rugi bila energi dihabiskan sekarang, hingga akhirnya sakit mengintai menjelang cuti datang. Karenanya, sertakan jeda sejenak saja setiap sekian waktu. Serta perhatikan konsumsi makanan tetap memenuhi gizi. (LAF)

Baca juga: Waspadai Penyakit Menular Saat Melancong ke Negeri Orang

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments