30

Menikmati Beragam Kreativitas Solutif di Bintaro Design District 2019

Warga Bintaro dan sekitarnya, mulai 28 November hingga 7 Desember 2019, Anda dapat menikmati berbagai hasil kreativitas para desainer dan arsitek di berbagai penjuru Bintaro. Karena selama 10 hari, akan digelar Bintaro Design District (BDD) 2019, pameran kreatif berbasis arsitektur dan desain.

Tina Santosa (General Manager Marketing Jaya Real Property) bersama Hermawan Tanzil, Andra Matin, Budi Pradono, Danny Wicaksono.

Pameran yang berlangsung setahun sekali ini, sangat sayang untuk dilewatkan, karena menghadirkan berbagai kreativitas yang inovatif sekaligus solutif bagi masyarakat. Anda pun bisa mengajak seluruh keluarga untuk melihat-lihat berbagai instalasi, produk, open studio, workshop, dan berbagai hal menarik, yang mungkin selama ini tak terbayangkan oleh Anda.

Arsitektur dan Desain yang Membumi

Ini adalah kali kedua BDD digelar, sejak yang pertama pada tahun 2018. “Inclusivity” dipilih sebagai tema tahun ini. Menurut para penggagas, Andra Matin, Budi Pradono, Danny Wicaksono, ketiganya warga Bintaro, dan Hermawan Tanzil, tema tersebut merupakan bentuk ajakan bagi para arsitek dan desainer untuk merangkul mereka yang termarjinalkan.

Para peserta BDD.

“Inklusif adalah lawan kata dari eksklusif, kami ingin mengajak para peserta BDD untuk membumikan arsitektur dan desain. Menengok sekeliling di mana bertebaran berbagai persoalan ruang yang mungkin selama ini tak terpikirkan,” ujar Budi.

Beberapa hasil kreativitas tersebut bisa Anda lihat di ruang-ruang publik yang ada di sekitar Bintaro, seperti Taman Menteng, Taman Discovery, Taman Kebayoran Residence, Masjid As-Shaff, lahan kosong di Menteng Bintaro, dan banyak lagi. Tahun ini ada 98 studio arsitektur dan desain yang berpartisipasi. Inilah beberapa di antaranya.

Stray Cat Shelter karya A2J Design Consultant. Stray Cat Shelter ini akan dipasang di 12 titik di sekitar Bintaro.

 

Genang, instalasi karya Adria Yurike Architects. Berada di lahan kosong Menteng Bintaro.

 

AyuAyun, lokasi di Taman Kebayoran Residence, karya kolaborasi Mohamad Samsi, Woodland Indonesia, Malka Metalworks, Andra Matin.

 

KotaKrat, mushola yang dibangun dari krat-krat. Anda bisa melihat instalasi hasil kreasi PSA Studio, Handoko Hendroyono ini di Kebun Ide Bintaro.

 

Fingerprint, instalasi karya Putri Taufik dari Dedato. Bisa Anda nikmati di Design Space, Dedato, Menteng Bintaro.

 

Instalasi String Composition karya Rubi Roesli dari BIROE. Dapat Anda lihat di lahan kosong daerah Menteng Bintaro. Instalasi ini akan tampak lebih solid pada malam hari.

 

Black on Black karya Budi Pradono. Karya yang terinspirasi dari busana para arsitek dan desainer yang umumnya serba hitam ini dapat Anda lihat di Club House Kebayoran. Anda bisa melihat busana dari 12 fashion designer.

Cara Melihat Aneka Pameran

Beberapa hasil kreativitas memang dipamerkan di ruang publik, sehingga Anda dan keluarga bisa bebas untuk menikmatinya. Anda tinggal datang ke tempat-tempat tersebut. Namun untuk acara lain, seperti pemutaran film, diskusi, dan workshop Anda perlu mendaftar dan membeli tiket.

Untuk keterangan lebih lengkap Anda tinggal mengunduh aplikasi: BintaroDesignDistrict secara gratis di Play Store dan App Store. Dalam aplikasi tersebut Anda bisa mendapat keterangan siapa saja peserta BDD, apa yang mereka pamerkan, peta, waktu acara, bahkan pembelian tiket. (YBI)

Baca juga: Berbagai Curahan Kreativitas di Bintaro Design District

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Yudhanti, Five Fourina

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments