28

Ulah Sepele yang Membuat Mobil Terbakar

Penyebab mobil terbakar sebenarnya tidak hanya dikarenakan kejadian yang fatal. Seperti kecelakaan. Ada ulah sepele dari kita sendiri yang juga bisa memicu. Tentu sangat merugikan. Jadi, ketahui apa saja tindakan ceroboh itu.

Meski kejadian mobil terbakar masih tergolong langka. Saat terjadi pun akan dilakukan penyelidikan menyeluruh. Biasanya oleh asuransi, ahli permesinan semacam bengkel, hingga pihak-pihak yang mewakili produsen mobil.

Baca juga: Merawat Mobil Tua Kesayangan

Beberapa menemukan memang ada kesalahan yang disebabkan pada kondisi internal mobil. Artinya ada ketidaksempurnaan dalam tahap produksi. Namun banyak pula yang ternyata terjadi akibat ulah pemilik itu sendiri. Sebagai akibat ketidaktahuan serta minimnya pengetahuan akan perawatan mobil yang baik. Hingga mendatangkan percikan api dan menghanguskan semuanya.

Power bank atau charger masih terhubung

Meski mesin dalam kondisi mati, bukan berarti aliran listrik berhenti. Terutama saat membiarkan power bank atau charger masih tertancap dalam waktu lama. Aliran listrik yang terus menerus terhubung atau masuk ke dalam peranti, akan membuat alat panas. Mobil juga tidak dapat menoleransi aliran listrik yang terlalu tinggi. Akhirnya panas berlebihan terjadi, dan mulai muncul titik-titik api. Karena itu segera cabut bila telah usai digunakan.

Meletakkan alat elektronik di atas dashboard

Kebiasaan meletakkan alat elektronik di atas dashboard bukan ulah yang bijak. Alat elektronik tidak cocok terkena paparan matahari secara langsung. Sementara kaca mobil bukan penyaring panas, malah bisa menjadi media fokus berkumpulnya titik api, dan meneruskannya pada alat elektronik. Alhasil, membakar alat elektronik dan kemudian membakar mobil. Hindari ulah ini terutama bila memarkirkan kendaraan di ruangan terbuka.

Menyimpan aerosol di dalam kabin

Hati-hati menyimpan zat-zat yang mengandung aerosol di dalam kabin. Seperti gas korek, parfum, cairan pewangi ruangan, dan sebagainya. Jenis barang-barang ini sangat mudah sekali terbakar. Tidak hanya bila terangsang panasnya api. Panas yang terakumulasi dari suhu tinggi mobil juga dapat membuatnya sebagai bahan bakar. Mobil pun harus lenyap dalam sekejap.

Baca juga: Langkah Aman Membersihkan Kaca Mobil

Masalah pada kabel

Sama halnya dengan kondisi yang menimpa bagian kabel.

Jangan biarkan kabel-kabel yang terjaring dalam mesin mobil terkelupas, rusak, atau terputus. Misalnya sudah lama tak diperiksa atau karena digigit tikus.

Kabel yang rusak mudah sekali terbakar akibat ketidakmampuannya menghantarkan panas dengan sempurna.

Tak rutin mengecek bagian mobil

Cek mobil secara rutin. Khususnya pada bagian-bagian yang terbilang vital. Seperti bagian selang, kabel, audio, AC, aki, bagian rem, tangki bahan bakar, dan sebagainya. Contohnya saja bila tak menyadari ada kebocoran pada tangki, rentan sekali memicu kebakaran. Apalagi ada sumber-sumber panas di dekatnya.

Mesin mobil dimodifikasi

Perhatikan baik-baik bila ingin memodifikasi mesin kendaraan. Tidak dilarang, namun tetap pasang alat atau mesin pengganti dengan kualitas yang baik. Serta tidak mengurangi kinerja mesin, atau malah menimbulkan gangguan. Biasanya modifikasi yang tidak jeli mendatangkan kebakaran karena ada sistem mobil yang tidak menerima. Kerjanya jadi bentrok akibat penyetelan yang saling berlawanan satu sama lain. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Foto Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments