18

Hal Terlarang Bagi Pensiunan atau Pengangguran

Tantangan yang harus dihadapi oleh calon pensiunan atau mereka yang belum menemukan pekerjaan baru memang tergolong berat. Karena itu, mesti hati-hati. Terutama untuk mau membaca situasi dan menjauhi beberapa hal yang bisa merugikan diri sendiri.

Baca juga: Persiapan Matang Agar Pensiun Terasa Nyaman

Khususnya terkait finansial. Punya pekerjaan menandakan adanya pemasukan. Sedangkan mereka yang akan memasuki masa pensiun dan atau belum memiliki profesi baru, tentu tidak demikian. Uang bisa jadi masalah besar. Mungkin ada cadangan berupa tabungan, namun entah mencukupi kebutuhan sampai kapan. Sebab pekerjaan yang baru belum dalam genggaman.

Maka, berbagai siasat mesti dijalankan. Tidak menunggu sampai esok-esok hari, melainkan praktek dari sekarang. Bahkan tidak mungkin mengubah semua kebiasaan yang sudah menjadi rutinitas. Juga memberikan dampak yang amat terasa berbeda pada pasangan dan keluarga. Demi tetap amannya finansial dan perekonomian rumah tangga.

Berutang tanpa alasan kuat

Jangan coba-coba untuk berutang. Apalagi tidak ada alasan yang kuat dibaliknya. Termasuk menggesek kartu kredit untuk berbelanja barang yang tak perlu.

Gunakan uang yang sudah dialokasikan sehari-hari. Bila tak mencukupi seperti dulu, coba lakukan penghematan sebisanya.

Dengan berutang, hanya akan menambah beban keuangan. Sedang pemasukan belum ada kepastian.

Asal memakai dana darurat

Dana darurat memang boleh dibongkar dan digunakan. Akan tetapi, lakukan dengan cermat. Pakai ketika keadaan memang sudah sangat kritis. Bukan dalam rangka memenuhi kebutuhan tersier. Setelah keadaan mendesak, segera hentikan pemakaian dana darurat. Juga segera kembalikan lagi nominal seperti sebelumnya.

Menggunakan pesangon tanpa perhitungan

Pesangon akan diperoleh bagi calon pensiunan atau yang akan keluar dari pekerjaan. Gunakan dengan bijak. Yakni perhitungan yang mumpuni. Entah dialokasikan sebagai kebutuhan sehari-hari seperti biasa, disimpan, atau diinvestasikan. Pesangon bukan bonus yang kelak bisa didapatkan lagi. Setiap rupiahnya wajib dipikirkan dengan seksama. Jangan tergoda dengan angkanya yang besar lalu bebas dihabiskan untuk apa saja.

Baca juga: Sumber Kegagalan Dana Pensiun Terkumpul

Hiburan yang berlebihan

Melakukan aktivitas yang menghibur memang tidak salah. Menjadi salah jika sudah berlebihan. Atau dilakukan dalam durasi terlalu sering. Sebab rentan menyedot pembiayaan yang besar.

Andai ingin tetap mendapat hiburan, pilih opsi yang lebih sehat dan murah.

Misalnya dengan memasak sendiri masakan seperti di restoran favorit. Perut puas dan pikiran lebih tenang karena anggarannya cukup terjangkau.

Tidak berhemat

Kesalahan terbesar yang sering dilakukan calon pensiunan dan pengangguran adalah tidak berhemat. Kondisi keuangan yang sebelumnya stabil tidak diiringi dengan kesadaran bahwa sebentar lagi berubah jadi labil. Ketidaksiapaan dengan tiadanya perencanaan atau antisipasi jelas berbuah tak sedap. Amburadul pada soal keuangan, ditambah sering mendatangkan stres.

Baca juga: Cerdas Siapkan Dana Pensiun

Meminjamkan uang

Meski terkesan kejam, namun sebaiknya Anda menghindari untuk meminjamkan uang pada orang lain. Simpan dan gunakan untuk keperluan pribadi. Mungkin di awal pihak yang berutang bisa menjanjikan tempo pengembalian, namun siapa yang bisa menjamin. Ketika mereka ingkar, Anda sendiri yang akan dilanda kesusahan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments