16

Si Kopi Biru Spesial Hadir di Bintaro

Jenis minumannya memang serupa kopi kekinian, es kopi susu dan teman-temannya. Yang membuat spesial adalah butiran biji kopinya. Berwarna biru kehijauan dan berbentuk sempurna. Tak heran kopinya langsung menawan hati pencinta kopi di Bintaro. Meski mungil kedai kopi ini ramai pengunjung.

Kedainya terletak di salah satu sudut ruko, dengan bangku-bangku kayu sederhana di teras depan. Aroma kopi yang harum langsung tercium begitu tangan mendorong pintu masuk. Suasana panas di luar teredam dengan interior biru dari kedai kopi mungil ini.

Blue Korintji, Uniquely Blue Coffee Bean. Itulah tulisan pada papan nama di kedai kopi yang terletak di Jalan Bintaro Utama Sektor 3 ini. Warna biru konsisten mewarnai eksterior dan interior cafe ini.

 

Hanya ada tiga meja bulat dan enam bangku di dalam cafe ini. Rata-rata pengunjung memang membeli kopi di sini untuk dibawa pulang.

Menunya praktis, ada kopi, non-kopi, dan makanan pendamping yang hanya terdiri dari tiga macam, yaitu cake reey, cookies besar, dan cookies kecil.

Cerita si Kopi Biru

Kedai kopi ini memang baru dibuka sekitar pertengahan tahun ini di Bintaro. Namun perjalanan kopinya sudah cukup panjang, sejak tahun 2014.

Mural kisah si kopi biru.

Korintji diambil dari nama Gunung Kerinci. Gunung vulkanik tertinggi di Indonesia yang terletak di Provinsi Jambi. “Di bawah kaki gunung yang bertanah sangat subur itulah kopi biru ini ditanam,” ujar Bazli Ammar Isman, pemilik Blue Korintji Bintaro.

Sayangnya, lima tahun lalu perkebunan kopi tersebut belum dikelola dengan baik. Melihat potensi yang cukup besar, seorang pengusaha memberikan pelatihan kepada para petani kopi hingga mampu menghasilkan biji kopi premium dengan besar produksi yang stabil.

Perbedaan biji kopi biasa dengan biji blue korintji.

“Karena unsur hara-nya, kopi yang dihasilkan di kaki gunung Kerinci berwarna biru kehijauan. Berbeda dengan kopi yang lain,” jelas Bazli. Kopi Blue Korintji ini termasuk jenis kopi arabica.

Setelah berhasil memproduksi kopi yang berkualitas, barulah pada tahun 2016 dibuka Korintji Heritage, kedai kopi yang ada di wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat. Kedai ini juga mampu memberdayakan masyarakat di sekitarnya. Dari situlah Blue Korintji akhirnya hadir di beberapa tempat di luar Sumatera, salah satunya di Bintaro.

Biji kobi robusta biasa (kiri), biji blue korintji arabica (kanan) berwarna hijau kebiruan.

Perjalanan si kopi biru dapat Anda lihat pada mural di dinding kedai kopi ini. Bila Anda jeli, logo Blue Korintji yang berupa biji kopi ini pun bermakna dalam. Di tengah biji kopi adalah gambaran pulau Sumatera, tempat di mana Gunung Kerinci berada.

Baca juga: Profesi di Balik Kopi yang Makin Dicari

Kualitas Premium Harga Terjangkau

Meski kopi yang digunakan termasuk specialty coffee, namun harganya sangat ramah di kantong. Hanya sekitar Rp15 ribu hingga Rp25ribu.

Ada empat macam minuman spesial dari Blue Korintji, yaitu Korintji Cinnamon, Blue Korintji Signature, masing-masing seharga Rp25 ribu. Sedangkan es kopi susu korintji bisa Anda dapatkan dengan harga Rp15 ribu saja. Satu lagi, Korintji Royal Tea Cold hanya Rp20 ribu.

cappucino.

Selain itu ada juga minuman kopi lain, seperti cappucino, espresso, americano, latte, dan V60. Jika Anda ingin menikmati kopi biru ini sambil santai di rumah, Anda bisa membeli biji kopi atau bubuk kopi di sini. Roasted bean dan ground bean seberat 200 gram, dijual dengan harga Rp130 ribu. Sedangkan house blend 200 gram bisa Anda dapatkan dengan harga Rpe45 ribu. (YBI)

Baca juga: Perlu Diperhatikan Saat Merintis Bisnis Kedai Kopi

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Yudhanti

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments