15

Cara Murah Mengusir Cicak dari Dalam Rumah

Sekilas keberadaan cicak sudah menjadi pemandangan biasa di dalam rumah. Tapi kadang sering pula mengganggu. Bagaimana cara mengusirnya dengan murah dan ramah?

Apalagi ketika populasinya sudah terlalu banyak. Hilir mudik memenuhi sudut-sudut rumah. Yang kemudian membuat gerah karena lalu lalangnya tanpa permisi. Cicak juga berpengaruh terhadap kesehatan penghuni rumah.

Baca juga: Mengusir Tikus dalam Rumah

Terutama karena kotorannya bisa jatuh di mana saja. Mengandung bakteri Escherichia coli (E. coli), yang terkenal sebagai pengganggu kesehatan. Makanan yang sudah tercampur bakteri ini tentu membahayakan anggota keluarga. Ditambah cicak tidak segan-segan menjulurkan lidahnya untuk mengambil makanan yang berada di dekatnya. Akhirnya makanan ikut terkontaminasi.

Sayangnya memang tidak mudah. Tubuhnya yang kecil langsung lari tunggang langgang, mampu menjangkau tempat yang lebih tinggi atau tersembunyi saat dikejar. Alhasil cara-cara pengusiran mesti dilakukan dengan media lain tapi tetap menunjukkan hasil yang efektif.

Tembakau

Daun tembakau dapat digunakan sebagai pengusir cicak. Hewan melata ini tak menyukai bau yang dikeluarkan. Anda bisa mengambil daun tembakau secukupnya, masukkan ke dalam wadah dan letakkan di area-area yang sering dilewati cicak. Bila sulit menemukan daun tembakau, pakai minyak esensial yang beraroma sama. Tinggal semprot-semprotkan, dan rumah jadi bebas dari cicak,

Cangkang telur

Anda juga bisa memakai cangkang telur yang sudah tak terpakai. Bau amisnya dijauhi cicak. Hancurkan cangkang telur sampai halus lalu masukkan ke plastik. Beri beberapa titik lubang pada plastik, lalu gantung di dekat ventilasi. Atau tempat keluar masuk cicak. Dijamin akan ogah berkunjung lagi.

Bulu merak

Ternyata bulu merak merupakan pengusir yang ampuh. Cicak menduga ornamen yang ada di bulu tersebut sebagai mata burung yang suka mengintai mereka. Sehingga menjadi segan untuk mendekat. Anda cukup memasang bulu merak di tempat-tempat favorit cicak. Dan, jangan khawatir untuk menemukan di mana bulu ini berada. Sudah banyak toko online yang menjual.

Bumbu dapur

Bumbu dapur yang dimaksud adalah bawang merah, bawang putih, dan merica. Kombinasi racikan ini menghasilkan bau yang kurang disukai. Campurkan saja racikan yang sudah halus dengan air. Lalu semprot-semprotkan di wilayah yang sering dikuasai cicak. Akan tetapi metode ini juga membuat rumah jadi berbau kurang sedap. Alhasil, Anda harus pintar-pintar menggunakannya, supaya bau bumbu racikan tidak terlalu kuat.

Baca juga: Mengusir Bau dari Dalam Rumah

Kapur barus

Foto: productnation.co

Untuk menggunakan kapur barus, kali ini Anda perlu menggantungnya atau sebarkan saja di tempat-tempat nongkrongnya cicak. Buat beberapa untuk ditempatkan pada beberapa titik. Mereka tidak berkenan dengan bau kapur barus. Perlahan-lahan semakin menjauh dan tak kembali lagi. Sekaligus benda wangi ini bisa menjadi pengharum ruangan.

Gunakan predator

Cara murah lainnya untuk mengusir cicak ialah menggunakan predator. Tiada lain yaitu kucing. Dengan insting alaminya, kucing akan melakukan perburuan. Walau seringnya tidak benar-benar dimakan, kecuali bila benar-benar lapar. Hanya dikejar sebagai bagian aktivitas permainan. Pengejaran ini saja sudah membuat cicak terancam dan kalang kabut begitu bertemu kucing di dekatnya. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments