05

Puspa dan Satwa Nasional, Kenali Lalu Cintai

Banyak yang belum menyadari bahwa 5 November diperingati sebagai Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional. Otomatis lupa atau tak mengenali lagi kekayaan aneka aset yang dimiliki bangsa ini. Karenanya, mari kenali kembali sederet daftar puspa dan satwa khas Indonesia.

Kekayaan berupa puspa elok dan satwa eksotik tak terlepas dari adanya pengaruh letak geografis. Apalagi Indonesia memiliki beberapa pulau besar, dengan karakternya masing-masing. Meski secara menyeluruh disebut beriklim tropis. Membuatnya memiliki begitu banyak simpanan yang sangat membanggakan. Juga kerap dipertontonkan sebagai simbol dalam acara-acara kenegaraan.

Jenis flora dan faunanya sendiri dibedakan lagi dalam tiga tipe. Yakni Asiatic, Australis, dan tipe peralihan. Tiap tipe biasanya tumbuh subur di habitat tertentu, dan dianggap sebagai tanaman atau hewan asli setempat. Dan tidak mudah ditemukan di habitat yang lain.

Untuk bisa menikmatinya, Anda tentu dapat langsung berkunjung langsung ke habitat asli. Sekaligus berwisata. Namun bila belum sempat ke daerah asalnya, kini sudah banyak tempat-tempat yang mendatangkan puspa dan satwa untuk dirawat serta dikembangbiakan.

Baca juga: Hutan-Hutan Lindung yang Ramah Wisatawan

Puspa yang tak ada duanya

Indonesia sangat terkenal dengan bunga anggreknya. Jenisnya sangat beragam. Di antaranya ada anggrek hitam yang menjadi khas Pulau Kalimantan, anggrek hartinah, anggrek bulan, anggrek zamrud, dan masih banyak lagi jenisnya. Sebagian anggrek yang termasuk langka, sudah masuk ke dalam daftar perlindungan. Artinya tidak boleh diburu atau diperjualbelikan dengan bebas.

Anggrek

Ada lagi bunga unik lain. Misalnya bunga bangkai yang merupakan tanaman liar, berbentuk raksasa, baunya khas, dan hingga kini belum bisa dikembangbiakkan secara buatan. Bunga sedap malam yang dulu banyak ditemukan di daerah Jawa Timur. Sayangnya keberadaannya kini mulai langka dan dipastikan hampir punah.

Tak hanya menyentuh soal estetika. Banyak bunga-bunga dari dalam negeri yang selain  fisiknya cantik, juga mampu menghasilkan aneka manfaat bagi kesehatan. Sebut saja bunga mawar, kembang sepatu, bunga telekan, bunga melati, bunga kecombrang, bunga turi, rosella, dan sebagainya. Hal yang patut disyukuri karena negeri ini menyediakan alam yang sangat bermurah hati.

Baca juga: Aneka Bunga yang Bisa Dimakan

Satwa unik dan dilindungi

Tak ubahnya dengan keberadaan puspa. Banyaknya spesies satwa yang masuk dalam daftar satwa yang dilindungi. Dari golongan mamalia, reptil, burung, pisces, dan lain-lain.

Elang bondol

Yang paling terkenal sebagai hewan terproteksi adalah harimau sumatera, gajah, beruang madu, orangutan, badak bercula satu, anoa, burung elang bondol, serta cenderawasih. Oknum-oknum yang melanggar jelas akan mendapat ganjaran setimpal.

Dari masing-masing spesies jika dibedah lagi, akan ditemukan nama-nama unik sebagai gambaran yang pas bagi fisiknya yang menarik. Juga pembuka mata akan kekayaan aset fauna yang begitu bernilai.

Contohnya saja ada sebuah satwa yang bernama Kima. Merupakan kerang raksasa dan berukuran berat. Penampilannya sangat ciamik. Lalu ada burung yang dinamai Gangsa dan Burung Cacing yang beranekarupa. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Pixabay

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments