21

Kenali Tanda Calon Pemimpin pada Karyawan

Joko Widodo kembali dilantik untuk jabatan Presiden Republik Indonesia untuk periode kedua. Siapa sangka seorang yang dulunya dikenal sebagai pengusaha mebel ini berhasil menunjukkan jiwa leadership memimpin suatu negeri. Bisakah tanda-tanda seorang pemimpin juga dikenali pada diri seorang karyawan?

Jawabnya tentu saja bisa. Mengenali ciri-ciri pemimpin pada diri karyawan juga sangat menguntungkan. Perusahaan bisa melakukan training sejak awal. Atau mempersiapkan segala langkah guna mempermulus kemudahan karyawan menuju pucuk kepemimpinan. Ibaratnya sudah melakukan kaderisasi jauh-jauh hari.

Baca juga: Cara Agar Bos Baru Sukses Memimpin

Serta yang perlu ditekankan, tanda-tanda kepemimpinan pada seseorang tidak terjadi secara instan. Bahkan bisa dikatakan ia merupakan anugerah atau bakat alami. Ada pula yang menyebutnya sebagai faktor keturunan. Gen asli yang diturunkan dari para pendahulunya. Meski menumbuhkan jiwa kepemimpinan tetap bisa dilakukan. Salah satunya adalah melatih dan membiasakan sejak dini.

Karenanya jangan gegabah menyebut seseorang memiliki bakat pemimpin atau tidak. Pengamatan harus dilakukan dengan jeli. Berbagai tempaan, kejadian, dan pengalaman yang beragam terkadang menjadi cara menyakinkan untuk melihat apakah seseorang berhak menduduki posisi teratas ini.

Kerja keras

Tipe pekerja keras adalah sekian tanda dari diri seorang calon pemimpin. Dibarengi dengan sikap pantang menyerah dan gigih berusaha. Saat terganjal satu hambatan, ia akan berusaha untuk menemukan sekian cara lain, asal goal-nya tercapai.

Kerja kerasnya juga dibarengi dengan kerendahan hati. Fokus pada apa yang menjadi kewajiban dan perjuangan. Tidak bermanis-manis dulu dengan hasil sementara. Atau malah menjadi angkuh hanya dengan sedikit prestasi.

Jujur dan bertanggung jawab

Tanda lainnya ialah tampak jelas sebagai pribadi yang jujur dan bertanggung jawab. Selalu dapat memenuhi apa yang telah ditanggungkan padanya. Walau beban itu begitu kecil atau dianggap sepele oleh yang lain. Serta tak pernah melepaskan tanggung jawab, apabila suatu pekerjaan sudah menjadi koridornya.

Jangan heran, andai suatu saat tanggung jawab itu juga tampak dari pertolongan pada sesama. Terpetik dari hati nurani yang tak dapat membiarkan teman sejawat atau orang lain tak dikenal berada dalam kesusahan.

Solutif dan inovatif

Solutif dan inovatif juga menjadi penanda. Kerap menawarkan ide-ide segar dalam pelaksaan tugas harian, target di masa mendatang, atau cara membongkar masalah supaya tidak terus menerus terjadi. Inilah yang ditunggu dan diharapkan saat menjadi pemimpin nanti. Membawa perubahan ke arah yang lebih baik.

Baca juga: Kerap Dijadikan Tameng Oleh Bos

Komunikatif

Tak peduli bagaimana sifat pembawaan aslinya, yang pasti untuk urusan profesional, ia sangat terbuka dan komunikatif. Tidak menyimpan sendiri segala keuntungan maupun persoalan. Ia akan berupaya menyampaikan pada segenap jajaran. Mengajak kebersamaan dan suasana gotong royong dalam dinamika bekerja.

Kompeten dan punya daya saing

Dan yang tak bisa dikesampingkan, calon pemimpin memang beriwayat kompeten di bidangnya dan punya daya saing. Kompeten yang sudah teruji pasti. Begitu pula untuk daya saing yang tak mudah diremehkan. Mungkin terlihat biasa dan bekerja dalam diam. Namun diakhir bisa menghasilkan perolehan yang luar biasa. Terlebih saat bisa bermanfaat untuk banyak orang. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pixabay

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments