18

Agar Lansia Selalu Update

Siapa bilang orang yang sudah banyak umurnya tidak bisa update layaknya anak muda? Mereka juga bisa gaul dan terus mengonsumsi hal-hal terkini, termasuk informasi. Tapi bagaimana caranya?

Sebab seolah sudah menjadi rahasia umum, saat telah menua, yang terjadi adalah menyepi dan terasing dari bau-bau tren. Di samping terkenal kolot atau tak mau bersahabat dengan perkembangan zaman yang telah sangat berbeda. Ditambah seiring datangnya waktu pensiun, yang membuat para orang tua lebih banyak berdiam diri di rumah.

Padahal terus update bagi orang tua ada sejuta manfaatnya. Misalnya saja membuat mereka tetap merasa berguna dan tidak kalah dengan zaman yang terus bergerak. Dengan mampu mengikuti dan mengimbangi, orang tua juga bisa terus menelurkan karyanya. Sebagai contoh, mengunggah gagasan atau contoh prestasinya dalam menjawab masalah sosial di jagat maya. Bahkan ada kemungkinan mengurangi risiko pikun atau penyakit demensia.  Hal yang akan sulit dilakukan apabila orang tua tidak melek terhadap kepesatan teknologi informasi saat ini.

Tentu banyak pula faktor yang memengaruhi. Untuk terus bisa update, mereka membutuhkan bantuan dari yang lebih tahu. Anggota keluarga yang lebih muda, adalah salah satunya.

Tak berhenti belajar

Kunci pertama supaya dapat terus update adalah tak berhenti belajar.

Menyemangati diri sendiri untuk selalu ingin tahu dan meningkatkan pengetahuan akan kemajuan zaman.

Walau tidak harus di setiap bidang, minimal dalam praktek kehidupan sehari-hari, orang tua tidak kalah tahunya dengan kalangan muda.

Bergaul dan bersosial

Terus update juga bisa diraih dengan aktif dalam pergaulan dan bersosial. Tidak hanya dengan yang seumuran, melainkan juga dengan berbagai usia dan dari berbagai latar belakang. Mengenali yang kekinian, yang berlaku, yang dianggap lebih efisien, dan sebagainya. Tetapi juga tanpa mengorbankan prinsip yang sudah lama dipegang atau menyalahi aturan hukum.

Mau mengikuti perubahan zaman

Hapus rasa antipati terhadap perubahan zaman. Bagaimanapun perubahan tidak bisa dihindari, yang bisa dilakukan adalah beradaptasi. Lebih menenangkan dan memudahkan bagi diri sendiri. Terutama saat orang tua dihadapkan pada kondisi sedang sendirian. Update akan lebih cepat menolong, ketimbang tidak tahu apa-apa guna memecahkan masalahnya sendiri. Karenanya, tidak ada ruginya sama sekali terus update walau umur terus bertambah.

Baca juga: Berbagai Cara Mengisi Masa Pensiun

Melek teknologi

Para orang tua mesti mau untuk melek teknologi. Akrab dengan berbagai aplikasi komunikasi atau aplikasi dasar tapi sangat berguna dalam aktivitas keseharian. Bagaimana memesan tiket online, menghubungi transportasi online, jual beli barang di internet, pembayaran e-banking, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, para orang tua juga tidak banyak merepotkan orang-orang di sekitarnya.

Punya aktivitas menyenangkan

Update juga dapat diperoleh dari aktivitas yang menyenangkan. Misalnya sering travelling dan tergabung dalam satu klub. Saling mengabarkan informasi terkini, belajar untuk saling memahami situasi, dan mengambil pengalaman dari sekian aktivitas yang dijalani. Para orang tua juga terlatih mengendalikan emosi dengan memiliki aktivitas yang menyenangkan ini. (LAF)

Baca juga: Pilihan Wisata Menarik Untuk Lansia

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments