17

Tanaman untuk Mengusir Binatang yang Mengganggu

Mengusir binatang bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya dengan menggunakan media tanam. Apa saja jenisnya?

Tanaman juga dirasa lebih aman ketimbang menggunakan bahan-bahan kimiawi. Tanaman tidak menghasilkan redusi berbahaya bagi manusia. Sebaliknya, ampuh menimbulkan racun dan dianggap predator bagi binatang lewat bau yang ditimbulkan. Karena itu, lebih aman disuguhkan dihadapan anggota keluarga. Terutama untuk kalangan anak-anak. Sekaligus tanaman dapat berfungsi sebagai penghias rumah.

Baca juga: Perhatikan Ini Sebelum Meletakkan Tanaman dalam Rumah

Yang lebih menguntungkan lagi, satu tanaman bisa ditujukan bagi beberapa binatang. Sekali tanam langsung menghasilkan banyak keuntungan. Pemilik rumah tidak perlu repot-repot menghadirkan banyak jenis tanaman. Namun tetap tidak ada salahnya menyediakan aneka tanamam yang dibenci binatang demi hasil yang maksimal.

Lidah mertua ditakuti ular

Ternyata siapa sangka, lidah mertua selain bisa menyerap polusi, juga ditakuti oleh ular. Tanaman yang bernama latin Sansevieria ini dianggap musuh yang siap menerkam. Akibat tampilanya yang bergerombol dengan ujung lancip dan tajam. Sisi tanaman yang juga tajam bak pisau, bisa menimbulkan luka pada kulit ular bila terjadi gesekan. Lidah mertua bisa ditanam di halaman atau ditaruh dalam pot. Letakkan pada posisi dimana sekiranya ular sering mendekati area rumah.

Mint tak cocok dengan semut

Ambil sejumput mint, dan tanam di pot kecil. Anda bisa membuat beberapa. Pasang di sudut-sudut rumah yang biasanya dibuat lalu lalang semut. Mereka tak akan cocok dengan aroma sedap yang tercium dari akar, batang, dan daunnya. Mint juga tak disukai oleh para serangga, seperti nyamuk dan lalat.

Serai yang dibenci serangga

Serai sudah terkenal ampuh mengatasi serangga semacam nyamuk. Sebarkan saja di halaman dan biarkan tumbuh subur. Atau Anda bisa mengaturnya rapi dalam vas cantik untuk hiasan dalam rumah. Serai mengeluarkan zat sitronnellol dan geraniol yang bisa membuat para nyamuk tak mau mendekat.

Baca juga: Tanaman Pengusir Nyamuk Menggunakan Media Pot

Nagadali diantisipasi oleh kadal

Ngadali disebut juga dengan common rue. Tanaman hias berwarna biru hijau, dengan daun-daun yang berbulu. Baunya yang tak sedap pas sekali guna mengusir kadal. Tanam saja di sekitar rumah, khususnya bila rumah Anda kerap dimasuki oleh kadal dari sungai atau selokan. Namun hati-hati, sebab tanaman ini juga tidak disukai oleh kucing atau anjing peliharaan di rumah. Jadi, mungkin saja mereka bisa stres dengan keberadaan Ngadali ini.

Catnip ampuh mengusir kecoak

Susah sekali kan mengusir kecoak? Tanam saja catnip di rumah Anda. Ia mengandung nepetlactone, zat kimia yang menjadi musuh pribadi kecoak. Catnip juga efektif mengusir nyamuk, kumbang, dan kutu.

Patah tulang menghalau tikus tak datang

Patah tulang memiliki nama lain, yakni Euphorbia Tirucalli, kayu urip, tikel balung, dan pencil tree. Senjata alami mengatasi tikus yang gemar mendatangi rumah Anda dan menimbulkan berbagai kerusakan. Letakkan tanaman ini di dekat akses ia biasa keluar masuk. Patah tulang juga baik menghalau tikus tanah, kadal, dan kutu daun. Tetapi tetap jauhi, karena getahnya dapat membuat iritasi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Pixabay

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments