13

Sentra Belanja Batik di Berbagai Kota

Rabu lalu, 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik. Semakin meneguhkan keberadaan batik sebagai warisan budaya. Untuk Anda yang gemar mengoleksi, atau ingin sekadar berbelanja, ada beberapa sentra di kota-kota penghasil batik yang siap melayani.

Tiap kota sendiri memiliki corak dan karakteristik batik yang berbeda. Yogyakarta, misalnya, lebih menonjolkan warna hitam dan cokelat. Salah satu motif yang terkenal adalah grompol. Lalu ada juga kota-kota yang terletak di Pantura. Menghasilkan cerita tersendiri mengenai batik yang diusungnya. Menonjolkan kecerahan warna dan lebih sering mengangkat tema alam.

Tak hanya di Jawa. Sebagian kota-kota di luar Jawa juga menghasilkan kain corak yang luar biasa indahnya. Ada batik Minahasa yang menggambarkan cerita tentang kuda laut dan burung hong. Di Minahasa, batik terbagi lagi menjadi beberapa subetnis. Seperti Tonsea, Tolour, dan Borgo Babontehu. Serta masih banyak lagi sederet kota yang menggelar dagangan batik dengan antusiasnya.

Baca juga: Ketika Belanja Bisa Sekaligus Piknik

Harganya pun bervariasi. Biasanya tergantung dari bahan kain, cara pembuatan, dan pengemasan. Batik tulis dikenal paling mahal, sedang batik printing umumnya dipasarkan dengan harga rendah. Sedang batik cap harganya ada di antaranya.

Pekalongan

Pekalongan memang sejak dulu sudah mendapat julukan sebagai Kota Batik. Di sini ribuan pengrajin baik dalam skala rumahan maupun industri ramai-ramai membatik. Sentranya sendiri ada di Pasar Grosir Setono. Sudah ada sejak tahun 1939. Tidak jauh dari gerbang keluar tol. Tepat bagi Anda yang sedang mudik dan ingin mampir sejenak. Selain itu, ada pula International Batik Centre (IBC). Berada di Jalan Ahmad Yani, yang masih termasuk lintasan Pantura.

Yogyakarta

Sentra batik di Yogyakarta paling terkenal ada di Pasar Beringhardjo. Kawasan paling ujung di Jalan Malioboro. Di pasar tersebut Anda akan menemukan aneka batik dengan berbagai harga dan motif. Acara berbelanja batik juga bisa dilanjutkan sepanjang jalan Malioboro. Sederet toko batik mudah ditemui di sisi kanan dan kirinya. Salah satunya Mirota Batik yang sangat khas dan kental budaya Jawa-nya.

Solo

Pasar Klewer adalah ikon sentra batik dari kota Solo. Berdampingan tak jauh dari Keraton Surakarta. Corak batik tidak hanya tertera pada bahan pakaian. Melainkan juga berbagai aksesori, seperti kerajinan dan penghias di dalam rumah. Harganya bisa ditawar, dan semakin murah jika membeli dalam jumlah besar, alias grosir.

Cirebon

Motif batik dari Cirebon yang terkenal ialah Mega Mendung. Kebanyakan dalam dominasi warna cerah, dan biasanya telah dikemas dalam ukuran 2,5 meter. Sentra batiknya terpusat di kampung Trusmi, kecamatan Plered. Jika pergi ke sana, tanyakan saja di mana batik trusmi berada. Jika lelah, sajian empal gentong dan nasi jamblang siap menemani waktu istirahat Anda.

Madura

Batik Madura terkesan tampil kuat dalam warna dan coraknya. Ada motif daun, motif burung, motif bunga, motif serat kayu, dan motif tanjung bumi. Tiga kabupaten yang terkenal menghasilkan antara lain Bangkalan, Pamekasan, dan Sumenep. Di Bangkalan sendiri, sentranya ada di Tangjungbumi dan Burneh. (LAF)

Baca juga: Berburu Produk Terkenal Negara Tujuan

 

Foto ilustrasi: Pixabay

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments