12

Referensi Wisata untuk Anak di Jakarta

Mengajak anak berwisata memang penting. Akan tetapi lebih baik lagi bila memprioritaskan usianya. Supaya anak tetap terhibur, terpenuhi kebutuhan, dan liburannya optimal.

Sebab tidak semua lokasi wisata ramah pada anak. Tetap dikunjungi meski sudah mengetahui tidak banyak fasilitas tertuju pada anak. Bahkan ada pula objek wisata yang sengaja terancang bagi semua umur, namun mayoritas pengunjung adalah orang dewasa. Pada akhirnya membuat anak-anak tidak berlibur maksimal. Justru tersisih dan dianggap mengganggu jika sudah menunjukkan perilaku tak bersahabat.

Karenanya, berwisata sembari melihat kembali usia anak sangat penting. Membuat liburan terasa istimewa. Posisinya diprioritaskan, bebas menyelami dunianya, beraktivitas sesukanya, menyalurkan energi, dan sebagainya. Hingga menemukan teman bermain yang seumuran, bertambah pengetahuan, pengalaman, serta lain-lain. Akibat tempat wisata dibuka khusus untuk mereka.

Pantai

Di Jakarta, pantai ada di kawasan utara. Tepatnya bernama Ancol. Permukaannya landai, arusnya cukup tenang, dan lengkap dengan berbagai sarana prasana. Seperti sanitasi dan urusan kamar mandi.

Baca juga: Beragam Ide Seru Menghabiskan Waktu di Pantai

Puas bermain pasir dan air, mudah untuk menemukan tempat makan. Atau ingin sekalian menginap sembari menghabiskan malam bertema bahari. Selain itu masih ada wahana-wahana lain yang tak kalah menariknya. Ecopark, salah satu yang tak akan mudah dilupakan oleh anak-anak.

Hutan kota

Jakarta juga punya referensi hutan kota. Cocok bagi Anda yang ingin mengenalkan pada alam natural pada si kecil. Selain itu dikenal aman, gratis, dan memberikan keleluasaan. Tidak hanya mendapat hijaunya pepohonan dan segarnya udara, anak-anak juga bisa melakukan olahraga dan bermain riang gembira. Seperti di hutan kota Srengseng, di Kemayoran, Pesanggarahan Sangga Buana, Taman Honda Tebet, Cijantung, Tomang, dan area Gelora Bung Karno Senayan.

Bermain peran

Masih ada lagi jenis wisata lain yang diperuntukkan bagi anak-anak. Sebut saja Kidzania, di dalam area Pasific Place. Di sana anak-anak akan diajak berkeliling suatu kota kecil. Menjajal berbagai profesi plus merasakan sensasinya. Setelah selesai, mendapat uang mainan, layaknya orang dewasa memperoleh upah usai bekerja.

Sejenis playground

Playground juga sangat digemari oleh anak. Ada batasan usia, sehingga tak bisa dimasuki umur dewasa. Misalnya The Playground di daerah Kemang. Orang tua bisa duduk menikmati makanan, sedang anak-anak bebas bermain air, pasir, dan permainan lain. Semuanya didesain dengan aman dan mengikuti standar internasional. Dari mulai alas lantai, jenis pasir yang tersedia, kolam dan area basah, hingga keamanan tiap jenis alat permainan.

Baca juga: Gaya Aman Menjaga Anak Bermain di Playground

Ajak juga ke Houbii. Pusat trampoline terbesar di bilangan Pondok Indah yang sangat pas untuk anak-anak. Dijamin puas dan menyenangkan.

Menambah pengetahuan

Kalau anak-anak penyuka literatur, tawarkan Perpustakaan Nasional yang dekat dengan Monas. Di sana ribuan bahkan jutaan buku bisa ditemukan. Ditambah arsitektur bangunan yang memukau. Dekat pula dengan Museum Gajah, yang menyimpan berbagai peninggalan budaya. Makin menambah pengetahuan dan pengalaman.

Di samping anak-anak bisa melanjutkan wisata dengan memakai moda transportasi umum. Contohnya busway atau bus tingkat gratis keliling kota. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments