07

Bekerja Di Negara Tak Aman

Bekerja di luar negeri tak selamanya nyaman. Adakalanya mesti waspada setiap saat karena negara tergolong berbahaya atau tak aman. Karenanya, mainkan trik agar selalu terlindung dari segala marabahaya.

Suatu negara dikatakan tak aman bisa disebabkan oleh banyak hal. Di antaranya perselisihan para elite di kancah politik hingga memicu permusuhan di akar rumput. Atau permusuhan akibat perbedaan suku, ketegangan sosial, dan sebagainya. Bisa pula dikarenakan oleh maraknya tindakan kriminal yang tidak banyak ditanggulangi oleh aparat. Khususnya banyak yang menyasar kaum ekspatriat atau pekerja asing seperti Anda.

Sedangkan pilihan bekerja di negara yang tak aman ini tidak bisa dihindari. Mungkin terlatarbelakangi tuntutan ekonomi atau ikatan kontrak tertulis. Jadi, bekerja mau tidak mau mesti dilaksanakan. Sembari tetap memproteksi diri sendiri, juga barangkali anggota keluarga jika ada yang ikut menemani.

Dokumen lengkap dan tetap dekat

Dokumen lengkap sangat diperlukan. Pastikan semuanya terkumpul dengan aman dan tidak terpisah-pisah. Juga upayakan untuk selalu berada di dekatnya. Sebagai tanda bukti identitas diri, serta sebagai kemudahan akses pada fasilitas tertentu andai suatu saat terjebak pada situasi yang sulit. Selain tetap mengantongi uang tunai secukupnya.

Tahu tempat perlindungan

Cari tahu berbagai alternatif di mana saja Anda bisa berlindung bila keadaan negara sudah sangat mencekam. Contohnya kantor kedutaan negara asal, basecamp komunitas, rumah penduduk setempat, kantor, bandara, tempat ibadah, atau lainnya. Tempat di mana Anda bisa terlindung dari sentuhan pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Di samping terus mendapatkan upaya perlindungan yang maksimal.

Baca juga: Fisik Prima di Tempat Imigrasi

Memahami izin akses keluar masuk

Pahami izin akses keluar masuk negara tempat di mana Anda bekerja dengan benar. Selain dokumen-dokumen resmi, juga tata cara yang legal dan efisien. Jangan sampai terkendala prosedur hingga membuat Anda tak bisa keluar atau masuk kembali. Patuhi segala aturan yang telah diberlakukan, dan pasang perhatian yang lebih karena berada di sana sebagai pekerja asing.

Mengenali situasi dan kondisi

Gunakan insting untuk mengenali situasi dan kondisi. Buka selalu komunikasi dengan sesama rekan kerja untuk jaminan keamanan di lingkungan terdekat. Atau mencari informasi lebih dari sumber lainnya.

Sangat penting sejak awal membaca berbagai perubahan yang ada. Sekecil apapun berita terkait keamanan perlu diperhatikan dengan seksama. Meski tidak perlu panik berlebihan.

Siap siaga kapan saja

Siapkan mental kapan saja. Bekerja di negara yang tak aman memang sejatinya harus siap siaga tanpa mengenal waktu. Kericuhan bisa terjadi tanpa diduga, bahkan di tengah waktu istirahat malam. Yang mana membuat Anda mesti mengungsi saat itu juga atau meninggalkan negara tersebut tanpa bisa membawa banyak barang. Maka dari itu, jangan mudah lengah dan terlena.

Sampai kapan

Lalu batasi diri dengan sampai kapan bekerja di sana. Walau mungkin saja Anda tetap bisa bertahan dalam waktu yang lama. Namun umumnya tidak bisa selamanya berada di negara yang tergolong tidak aman, apalagi untuk pekerja asing. Ketahui masa kedaluwarsa bekerja, dan pastikan Anda baik-baik saja selama di sana. (LAF)

Baca juga: Mengatasi Tantangan Bekerja di Perusahaan Asing

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments