29

Pilihan Bekal yang Tepat Untuk Perjalanan Panjang

Bekal wajib ada di setiap perjalanan panjang. Baik membawa kendaraan sendiri maupun menggunakan transportasi umum. Sebagai pasokan makanan sekaligus menunjang kebutuhan pangan.

Kapanpun Anda dan rombongan membutuhkan, tinggal langsung membuka persediaan. Tidak harus membeli dulu, di samping menghemat biaya. Apalagi terjebak dalam kemacetan atau ada di lokasi terpencil. Bekal akan menjadi jawaban tercepat ketika perut sudah mulai mengeluarkan tanda lapar.

Keuntungan lain dengan membawa bekal ialah bentuk proteksi terhadap kesehatan diri sendiri. Sebab dengan begitu Anda bisa memastikan kandungan bahan di dalamnya. Terhindar dari alergi, juga kuman penyebar penyakit menular yang kerap menyerang organ dalam.

Olahan nasi

Nasi yang sering tak terpisahkan sebagai menu utama, bisa menjadi bekal. Tidak hanya berupa nasi putih biasa, Anda bisa mengolahnya sebagai nasi gulung sosis, sushi, onigiri, nasi kepal, kimbap, lontong isi, atau martabak nasi. Biarkan suhu panasnya menghilang, baru masukkan ke dalam wadah tertutup. Pasti awet dan terhindar dari basi.

Sandwich

Alternatif lain adalah sandwich. Setangkup roti tawar, yang diselanya berisi irisan sayur, daging has atau smoke beef, potongan telur, juga beberapa macam saus. Ringan dibawa namun efektif sebagai menu yang praktis. Serta tetap memenuhi gizi.

Makanan kering

Jika Anda memutuskan untuk membawa nasi putih, tentu perlu lauk pelengkap. Ada beberapa pilihan, seperti abon, kering tempe, teri kacang, kentang kering, dan sebagainya. Bisa pula rendang daging atau telur sebagai pelengkap protein hewani. Tinggal menambahkan sambal bila suka.

Roti atau kue

Roti atau kue bisa masuk dalam daftar. Sifatnya tergolong lebih lama dan cepat merespon rasa lapar. Roti dan kue juga salah satu karbohidrat, sehingga pas dibawa ke mana saja. Santap dalam porsi yang pas, karena bagaimanapun roti dan kue mengandung gluten yang tidak mudah dicerna. Belum lagi bobot gula maupun ekstrak tambahan dalam proses pembuatan.

Air mineral

Selalu bawa air mineral. Pilihan tepat dibanding jenis minuman lain. Walau jenis berkafein tak dilarang, seperti teh dan kopi, namun sebaiknya dihindari. Sebab membuat peminum membuang air kecil terlalu sering dan malah membuat dehidrasi. Akan merepotkan di perjalanan. Sedang air mineral tidak demikian sifatnya, jika tidak dikonsumsi berlebihan. Tetap sehat dan menjauhkan dari dehidrasi.

Buah-buahan

Buah-buahan juga dapat menjadi bekal. Tetapi, tidak semua buah cocok dibawa. Pilih yang aman bagi perut, atau setidaknya mampu mengatasi rasa lapar dalam sekejap. Misalnya pisang, apel, dan pir.

Hindari sayur yang bergas

Sayur kapan saja selalu hadir sebagai menu yang baik dan sehat. Vitaminnya mampu menangkal serangan dari bakteri jahat. Sayangnya ada beberapa jenis sayur yang tidak pas. Pasalnya menimbulkan gas pada pencernaan. Asparagus, kubis, seledri, jagung manis, dan brokoli adalah sebagian di antaranya. Saat perut terus bergas, sementara perjalanan masih jauh dan suhu dingin AC tak terhindari, perjalanan akan jadi runyam sendiri. (LAF)

Baca juga: Usir Mabuk Perjalanan Tanpa Obat

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments