01

Jurus Jitu Lolos Tes CPNS

Tes CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) untuk tahun ini akan segera dibuka kembali bulan Oktober. Nampaknya masih akan sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Diikuti oleh ribuan peserta dan diwarnai persaingan yang amat ketat. Bagaimana agar bisa sukses menjawab semua soal tes yang diujikan?

Sekali peserta tak lolos di tahap pertama, ia tidak bisa mengikuti tahap berikutnya. Artinya baru bisa mengikuti ujian lagi pada tahun berikutnya. Memulai lagi dari awal, bersaing lagi, dan mengulang lagi berbagai persiapan. Lelah, capek, dan sering membuat frustasi.

Karena itu, mengetahui rahasia atau trik sejak awal akan membuka lebih banyak peluang. Kemudahan yang meminimalisir kesulitan menjawab soal-soal, juga mengurangi pesaing dengan sendirinya. Lulus dengan hasil memuaskan, posisi yang dinanti dalam genggaman. Tinggal selanjutnya mengabdikan diri pada negara tercinta ini dengan sepenuh hati.

Memilih instansi yang tepat

Sebelum memikirkan bagaimana kisi-kisi soal CPNS nanti seperti apa, coba mulai dulu dari instansi kementerian atau dinas yang Anda incar. Ada baiknya berkorelasi dengan jurusan kuliah, meski disebut menerima semua jurusan.

Sebabnya, beda instansi, beda pula soal kerumitan yang diujikan. Jika sejak awal Anda sudah mengenali karakter instansi dan soal-soal seputarnya, mudah mengatasinya. Begitu pula sebaliknya. Jadi, ukur kemampuan sesuai dengan pilihan.  

Penuhi syarat administrasinya

Penuhi syarat-syarat administrasinya. Jangan sekali-kali melewatkan walau hanya barang selembar. Teliti apa saja yang harus ditulis tangan, dikirim via surat elektronik, atau dikirim berkas-berkasnya. Pastikan waktu pengiriman tidak melewati batas akhir.

Hingga kini, belum ada kabar panitia ujian CPNS akan menghubungi peserta untuk melengkapi berkas yang kurang. Mereka juga sibuk luar biasa menuntaskan berbagai tugas. Oleh karena itu, lebih baik siapkan sendiri atau minta bantuan orang lain guna mengecek kelengkapan.

Tes diri sendiri

Tes diri sendiri dengan mempelajari jenis-jenis soal. Ada dua jenis, yakni Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Dari TKD, dibedah menjadi Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Masing-masing mempunyai passing grade untuk bisa dinyatakan lulus.

Setelah mengetahui jenisnya, jangan berhenti di sini. Coba uji diri sendiri dengan mengerjakan soal-soalnya. Apalagi sekarang ini sudah banyak dijual buku-buku tes CPNS. Meski tak mirip 100%, paling tidak akan melatih diri terbiasa mengerjakan soal. Jadi saat tes tiba, Anda sudah tidak kagok lagi.

Siapkan diri

Selain itu, persiapan diri juga perlu dikembangkan ke banyak hal. Misalnya selalu menjaga kesehatan diri sejak jauh-jauh hari. Tidak makan dan minum sembarangan, supaya badan selalu fit. Persiapan pula urusan rohani, guna mengawal mental untuk menerima segala sesuatu yang terjadi nanti.

Pelajari jadwal dan lokasi

Pelajari jadwal dan lokasi ujian. Meski terlihat sepele, namun ini bisa menjadi faktor yang menentukan. Perkirakan berapa menit yang Anda butuhkan untuk mencapai lokasi. Sebaiknya tidak mepet dengan detik dimulainya ujian. Anda juga membutuhkan jeda istirahat dan santai sejenak. Serta akrab dengan sekitar, terasa rileks tanpa tekanan dan siksaan. (LAF)

Baca juga: Ketika Saudara Minta Dicarikan Kerja

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments