30rev

Trik Agar Mudah Diterima Magang

Magang adalah momen yang berarti. Banyak dinanti dan diimpi. Salah satunya dari kalangan mahasiswa atau yang ingin merasakan dunia kerja. Sayang, tak mudah untuk diterima magang. Karena itu, ketahui trik dan syarat-syaratnya.

Magang sebenarnya juga tidak berbeda jauh dengan bekerja dalam arti yang sebenarnya. Bak seorang karyawan yang sedang menempuh training. Temponya berlangsung singkat, dengan jobdesk yang terbatas. Kadang oleh tempat bekerja diberi upah, tapi banyak pula yang tidak.

Dari magang, aneka keuntungan siap dipanen. Di antaranya pengalaman dan jejaring di dunia kerja. Mereka yang ikut magang, padahal belum sepenuhnya lulus dari sekolah, akan memulai lebih awal debutnya bekerja. Banyak lulusan magang yang dijaring langsung sebagai karyawan, dan tentu ini keuntungan besar. Atau paling tidak peserta magang sudah merasakan dinamika menjadi seorang pegawai. Makin menguntungkan lagi ketika dapat menempuh lebih dari satu kali magang, dengan bidang yang berbeda-beda.

Baca juga: Agar Magang Berujung Pengangkatan

Kelak saat memang waktunya bekerja telah tiba, mereka sudah lebih siap. Dibanding yang belum pernah sama sekali mengikuti. Maka, siapkan segala syaratnya.

Gunakan jaringan

Gunakan semua jaringan yang Anda miliki. Teman, koneksi dari instansi sekolah, anggota keluarga, atau orang dalam di perusahaan. Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang kegiatan magang kapan dibuka. Namun, ada baiknya tidak perlu menunggu waktu pembukaan. Kirimkan saja surat lamaran, sebab siapa tahu perusahaan berminat pada calon peserta magang yang aktif.

Sebutkan tujuan atau yang ingin dicapai

Jangan ragu menyebutkan tujuan atau apa yang ingin dicapai dengan mengikuti magang. Demi pemenuhan salah satu syarat kelulusan, mengisi waktu liburan, ingin sekadar menambah pengalaman, ingin sekadar merasakan dunia kerja, atau karena apa?

Banyak perusahaan yang menanti-nanti alasan Anda mengajukan izin magang. Tuliskan secara terus terang, kreatif dan tetap memenuhi unsur profesionalisme. Buat mereka terpengaruh dan tak sabar mengadakan interview dengan Anda.

Baca juga: Etika Magang yang Sebaiknya Dipatuhi

Tulis CV dengan baik

Di samping itu, tulis CV dengan baik di surat lamaran. Khususnya bila ditulis dengan tulisan tangan. Dan tetap berlaku untuk surat yang diketik dan surat elektronik. Untuk CV, sebutkan sejelas-jelasnya, termasuk di mana Anda tinggal dan asal sekolah atau kampus.

Perhatikan kaidah penulisan yang baik dan benar. Minimalisir typo, letak titik dan koma. Serta panjang pendeknya kalimat. Kalimat yang efektif akan memberikan informasi lengkap dalam kemasan yang pas.

Prestasi dan kemampuan

Sebutkan pula prestasi dan kemampuan sebagai nilai plus. Nilai tambahan untuk menguatkan posisi Anda dibanding peserta lain yang juga sama-sama melamar magang. Apalagi jika ada kemungkinan Anda kalah soal bidang tertentu. Prestasi dan kemampuan akan menjadi penyelamat tujuan Anda bisa sukses diterima magang.  

Tidak harus yang profit dan bonafide

Magang tidak harus selalu di tempat yang profit dan bonafide. Perusahaan kecil atau nirlaba juga bisa menjadi tempat magang yang mumpuni. Malah kadang lebih menjanjikan untuk diterima, karena tidak banyak pesaing. Mudah diterima dan selanjutnya tinggal merajut pengalaman berharga di sana. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments