27

Jurus Tetap Aman Saat Terjebak Kerusuhan Massa

Akhir-akhir ini sering terjadi kerusuhan massa atau demonstrasi yang berujung anarki. Bukan tidak mungkin suatu saat kita akan terjebak di dalamnya. Situasi gawat yang membutuhkan jalan keluar dengan segera. Memastikan diri tetap aman, sebisa mungkin tak kena imbasnya.

Apalagi jika terjebak seorang diri dan malam hari. Minimnya cahaya seolah semakin memperparah suasana. Besar kemungkinan terbawa rasa panik dan akhirnya tak tahu harus bagaimana. Kondisi seperti ini justru akan menjerumuskan diri sendiri. Tetap tenang dan ambil jeda sejenak. Lalu pikirkan jalan keluar paling aman dan paling besar peluangnya.

Perjalanan pulang ke rumah atau menuju suatu tempat pasti akan terhambat. Namun setidaknya dengan mengetahui solusi sejak awal, garansi keselamatan diri lebih terjamin. Perjalanan pun bisa dilanjutkan kembali.

Menepi

Segera menepi untuk menghindari amuk massa. Misalnya makin menjauhi area atau menepi ke jalan yang lebih aman. Dapat pula masuk ke bangunan yang sekiranya tidak akan terjamah oleh massa. Namun pastikan Anda tidak sendiri, melainkan tetap bersama para pencari perlindungan.

Terpenting dari gunanya menepi adalah menghindari kecelakaan. Seperti kobaran api, lemparan petasan, gas air mata, batu, dan benda-benda berbahaya lain. Termasuk jangan sampai Anda dianggap anggota lawan hingga jadi sasaran.

Mengabarkan diri pada keluarga atau petugas

Kabarkan diri di mana Anda berada. Bila bertemu petugas, tanyakan di mana sebaiknya Anda berlindung atau jalan tercepat menjauhi area amuk massa. Dengan demikian Anda semakin cepat menuju lokasi yang lebih aman.

Jangan mudah terprovokasi

Jangan mudah terprovokasi. Hingga membuat Anda terjun langsung dalam aksi. Sebab adakalanya informasi masih simpang siur dan tidak bisa dipertanggungjawabkan. Daripada di kemudian hari menyesal, lebih baik sejak awal tidak ikut ambil bagian.

Hindari tindakan reaktif

Juga minimalisir tindakan yang membuat massa reaktif pada Anda. Contohnya berteriak sambil mengeluarkan kata-kata kasar, atau mengambil gambar di tengah-tengah kerusuhan. Padahal Anda tidak membekali diri dengan identitas jelas, dan hanya akan menjadi target massa tanpa belas kasihan.

Bila berada dalam kendaraan

Adapula cara-cara yang harus segera dilakukan bila Anda berada dalam kendaraan. Andai di kendaraan umum, tetap tenang dan tunggu instruksi. Usahakan tetap bersama penumpang yang lain. Bisa cukup hanya berdiam diri di dalam. Akan tetapi jika Anda diharuskan turun, segera turun dan cari tempat perlindungan bersama-sama.

Sedang bila di kendaraan pribadi, jangan meminta langsung diberi jalan yang lapang. Apalagi dengan membunyikan klakson atau menyorotkan lampu dengan tajam. Jangan pula membuka kaca dan mengajak berbicara dengan salah satu pelaku kerusuhan. Tunggu keadaan lebih tenang. Namun jika keadaan sudah tidak memungkinkan lagi, segera keluar dan lebih baik tinggalkan kendaraan Anda.

Baca juga: Modus Kriminal yang Sering Diarahkan ke Pengendara Mobil

Lanjutkan jika sudah tenang

Kerusuhan jelas akan menghambat perjalanan. Mesti menunggu dan menghabiskan banyak waktu. Tapi itu lebih baik ketimbang memaksakan diri meneruskan perjalanan di tengah amuk massa yang masih membara. Tunggu hingga cukup aman dan tenang, baru kemudian lanjutkan perjalanan kembali. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments