26

Beli Mobil Atau Pakai Jasa Transportasi Online?

Alternatif moda transportasi semakin beragam. Membeli sendiri atau menggunakan jasa taksi online. Juga masih banyak pilihan lain. Pilihan yang kerap membuat ragu, karena tentunya tak ingin merugi.

Pasalnya mobil termasuk barang mewah. Terlanjur membeli dengan menggelontorkan sekian uang, sedang di kemudian hari keputusan ini disesali, tentu bukan kondisi yang menyenangkan. Punya mobil pribadi atau menggunakan taksi online sehari-hari punya kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Sebelum memutuskan harus ada perencanaan matang. Kadang perlu menekankan pada faktor ekonomi, kadang perlu pula memperhatikan faktor lainnya. Seperti keamanan dan kesepakatan dalam keluarga. Terpenting, mobil pribadi atau penggunaan jasa taksi online dapat dinikmati seoptimal mungkin.

Masa depan mobil dan berkendara

Dari tahun ke tahun, mobil tidak hanya berubah soal modelnya. Begitu pula berkendara. Ada sekian aturan-aturan baru. Bahkan konon, mobil berbahan baku bensin mulai ditinggalkan. Beralih pada mobil listrik.

Baca juga: Berkenalan dengan Mobil Listrik

Jadi, coba cerna sejak sekarang andai Anda membeli mobil. Tidak hanya untuk saat ini saja, tetapi kelangsungannya untuk tahun-tahun berikutnya. Dan bayangkan kondisi yang mungkin saat ini tak mungkin. Bisa saja kelak mobil manual mulai tak laku. Orang tak lagi perlu belajar menyetir. Sebab mobil sudah bisa jalan sendiri, dalam kemasan canggih, lengkap dengan berbagai fasilitas.

Seberapa jauh

Jarak juga ikut menentukan. Idealnya dalam setahun, sebuah mobil menempuh jarak 15-20 ribu kilometer. Bila sekiranya jarak tersebut memang Anda biasa lalui, sepertinya memang mobil pribadi harus dimiliki.

Akan tetapi bila jarak dalam setahun lebih pendek, ditambah tidak setiap hari bepergian, Anda akan lebih cocok menggunakan taksi online. Sebabnya adalah biaya yang lebih murah. Taksi online hanya menekankan pada jarak, tidak memungut lebih pada kondisi lain. Seperti jumlah barang bawaan, dan yang lain. Kecuali terjadi hal tertentu yang tidak diinginkan.

Biaya bukan hanya bensin

Memiliki mobil berarti perlu merawatnya. Tidak hanya berhenti ada ongkos bensin, melainkan juga kebutuhan yang lain. Mulai dari perawatan rutin, seperti ganti oli, ganti onderdil, kerusakan di jalan, urusan ban, dan masih banyak lagi.

Saat Anda mengajak mobil keluar, sudah ada biaya parkir, dan sebagainya. Membuat punya mobil pribadi lebih mahal, ketimbang menggunakan jasa taksi online.

Kondisi keuangan

Memang membeli mobil bisa dilakukan via kredit. Meringankan, tapi bila tidak hati-hati akan sangat memberatkan keuangan. Ada denda bunga yang besar, bila tunggakan per bulan tidak segera dilunasi. Jangan ragu jika pada akhirnya Anda memutuskan tidak membeli mobil, walau menjadi kebutuhan yang terlihat wajar di lingkungan sekitar. Ketimbang Anda dan keluarga terjebak pada urusan finansial tidak sehat.

Baca juga: Agar Untung Saat Tukar Tambah Mobil Baru

Apakah bisa hidup tanpa mobil?

Apakah Anda bisa hidup tanpa mobil? Faktor psikologis yang tak kalah pentingnya untuk dipikirkan. Pertanyaan yang harus dipikirkan mendalam. Tetapi bukan berarti harus mengedepankan ego dan langsung memutuskan membeli. Ada waktu tertentu di mana Anda harus berpikir jernih dan menikmati setiap jenis trasnportasi tanpa beban berat mengintai setiap hari. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments