23

Jeli Membeli Emas Agar Selalu Untung

Menabung dalam bentuk emas batang atau koin memang menguntungkan. Tak jarang jadi buruan banyak orang. Tapi tetap harus jeli saat membeli.

Tidak ubahnya ketika membeli perhiasan emas biasa. Pembeli mesti memperhatikan berbagai faktor yang mengiringi kondisi logam mulia. Misalnya, jangan sampai cacat atau tidak memiliki sertifikat yang diakui. Padahal logam mulia merupakan barang yang mudah dijual di mana saja. Baik di dalam maupun luar negeri. Asal terjamin asli dan memenuhi syarat yang berlaku secara umum.

Sehingga tujuan semula memiliki logam mulia tidak tercederai. Misalnya sebagai investasi atau mencukupi kebutuhan di masa mendatang. Tiada lain karena emas batang tidak terpengaruh nilai inflasi. Harga jualnya stabil, mengikuti tren jual saat ini. Meski emas tersebut sudah lama dibeli, bertahun-tahun yang lalu.

Pantau harga

Pantau harga beli terlebih dulu. Tertera dalam situs resmi agen penjual. Seperti di laman PT Aneka Tambang (Antam). Lengkap dari gram terkecil, yakni setengah gram, hingga berat yang lebih besar.

Harga emas terus berubah-ubah. Adakalanya kenaikan begitu tinggi, namun mendadak turun tajam. Juga tidak selalu di musim tertentu selalu dihargai murah. Seperti saat bulan puasa atau pasca lebaran.

Beli di tempat aman

Hingga saat ini, Antam adalah perusahaan pengolah dan satu-satunya refinery di Indonesia yang masuk dalam Good Delivery List LBMA (London Bullion Market Association). Produk emasnya dijamin asli dan murni 99%. Di kantor pusatnya, Anda bisa mendapatkan di Butik Emas.

Selain itu, logam emas yang terpercaya juga bisa didapat di Unit Bisnis Antam, kantor cabang Antam, Pegadaian, bank syariah, dan toko emas. Bisa pula lewat online, akan tetapi pastikan tergaransi aman dan murni.

Hitung selisihnya

Sayangnya untuk per gram yang sama dijual dengan harga yang berbeda-beda. Tergantung di mana Anda membeli. Contohnya Butik Antam dengan unit bisnisnya sering berbeda 10 ribu rupiah atau lebih per gramnya. Jika Anda membeli emas sekian gram, tentu terasa selisih yang harus ditebus. Jadi, pantau dan nikmati harga terendah yang ditawarkan.

Penuhi syaratnya

Penuhi syarat pembelian emas apabila ingin cepat diproses dan tentunya harga yang paling murah. Di Antam sendiri, pembeli yang datang mesti menggunakan rekening atas nama sendiri. Disarankan membawa NPWP, guna menghindari potongan pajak yang lebih besar. Di tempat pembelian lain, kemungkinan syarat bisa berlainan. Ketahui dan dapatkan untung yang maksimal.

Untuk disimpan atau hadiah

Disimpan sendiri atau akan dihadiahkan pada orang lain, adakalanya ikut menentukan harga. Pasalnya Antam menawarkan jasa ukir pada logam emas sesuai selera pembeli. Namun biayanya cukup tinggi dan diterapkan per gramnya. Tapi harga jual tetap sama dengan logam tanpa ukiran. Andai Anda hanya membeli untuk disimpan saja, pikir kembali keinginan untuk mengukirnya.

Di rumah atau dititipkan

Disimpan di rumah atau dititipkan, tergantung pilihan masing-masing. Akan tetapi jasa titip emas lebih menggaransi jika terjadi apa-apa pada logam mulia Anda. Hubungi saja bank, Antam, dan sejenisnya untuk mendapat proteksi yang maksimal. (LAF)

Baca juga: Keuntungan Berinvestasi Emas

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments