22

Menyingkap Keindahan Alam Kalimantan Timur

Ibu kota akan segera pindah. Menuju Kalimantan Timur, tepatnya di wilayah administratif Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kertanegara. Di sana masih banyak keindahan alam yang belum tersingkap. Tak hanya berupa hutan belantara, tapi bak surga di dunia.

Objek wisata bertema natural. Memanjakan siapapun yang datang dengan panorama alam yang aduhai. Keindahan yang perlu disaksikan langsung, namun sekaligus perlu proteksi agar terus lestari. Dan siap menanti sebagai kesatuan utuh bagian ibu kota yang baru nanti.

Kepulauan Derawan

Foto: id.wikipedia.org

Eloknya kepulauan Derawan membuatnya tak pernah sepi. Pengunjung banyak memburu kecantikannya, khususnya bagi pencinta pemandangan bawah laut. Di sana, ada 460 jenis terumbu karang yang sangat indah, padang lamun yang subur, ada 870 jenis ikan dari kuda laut hingga pari manta raksasa. Airnya sangat jernih, hingga membuat pengunjung jadi mudah akrab dengan segala isi laut.

Danau Kakaban

Foto: id.wikipedia.org

Danau Kakaban sangat tepat bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berenang di tengah jutaan ubur-ubur. Mereka tidak menyengat atau membuat gatal. Danau ini juga menyimpan biota laut yang telah terjebak selama jutaan tahun. Juga banyak jenis ikan langka yang mudah ditemui. Seperti barakuda, hiu white tip, black tip, hammer shark.

Gua Haji Mangku

Foto: travelingyuk.com

Gua Haji Mangku pada dasarnya adalah danau. Hanya saja pintu masuknya amat mirip dengan mulut gua. Lantas lebih sering disebut sebagai gua. Airnya payau, berwarna kebiruan yang sangat menawan. Seolah tak punya penghujung, danau ini membuat siapa saja betah berada di dalamnya.

Batu bernada di Gua Losan

Foto: phinemo.com

Gua Losan terletak di Kabupaten Paser. Begitu para wisatawan datang, akan langsung disambut oleh stalaktit dan stalakmit. Batu-batuan indah yang menempel pada bagian atap dan dinding. Batu-batuan ini juga mengeluarkan nada merdu saat dipukul. Saat masuk ke sana, Anda diharuskan membawa penerangan. Serta wajib ditemani oleh juru kunci atau guide supaya tidak tersesat.

Batu Dinding

Foto: genpi.co

Jika terus diamati, Batu Dinding ini dianggap mirip dengan Tembok Besar Cina. Sebuah tebing bebatuan dengan panjang 500 meter dan lebarnya kurang dari satu meter. Puncaknya pun hanya selebar 5 meter. Kanan kiri dikelilingi hutan rimbun dan jurang. Maka, salah langkah akan sangat berbahaya. Tapi soal pemandangan, tak ada kata rugi datang ke sana.

Canopy bridge di Bukit Bangkirai

Foto: id.wikipedia.org

Canopy bridge ialah jembatan gantung yang menghubungkan lima pohon di hutan Bangkirai, yang usianya telah lebih dari 150 tahun. Panjang jembatan sekitar 64 meter, dengan tinggi 30-40 meter. Pohon-pohonnya sendiri setinggi 40-50 meter dengan diameter 2,3 meter. Pas sekali untuk wahana edukasi dan penaklukan tantangan.

Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo

Foto: jalanwisata.id

Telaga biru yang satu ini memang tidak terbantahkan kecantikannya. Bagian dari Kalimantan Timur yang mempertebal daftar surga di sana. Airnya yang sangat jernih, hingga para wisatawan mampu melihat bagian paling dasar. Bayang-bayang deretan pohon di sekitar juga tak cukup dijabarkan dengan kata-kata. Jangan lewatkan saat Anda akan mengunjungi ibu kota baru kelak. (LAF)

Baca juga: Andal Jadi Vlogger Traveling

Foto ilustrasi: Pexels, istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments