20

Aturan Baru Di Pesawat Yang Belum Banyak Diketahui

Jika Anda sering bepergian dengan pesawat, tentunya tak asing dengan aturan yang berlaku. Namun, kini ada beberapa aturan baru. Belum banyak diketahui, di samping belum banyak disiarkan pada publik.

Karenanya sangat rawan bila tak sampai mengetahui. Aturan baru bisa menggagalkan perjalanan Anda dengan menggunakan maskapai udara. Rugi materi, risiko kehilangan barang, maupun menghabiskan energi.

Contohnya saja, baru-baru ini beberapa maskapai resmi mengeluarkan aturan bagasi berbayar. Dari sebelumnya di bawah 20 kilogram masih gratis, kurang lebih menjadi 5 kilogram saja. Selebihnya mesti membayar. Pihak pesawat telah ramai-ramai menyampaikan, bahkan dibantu oleh media. Sayangnya masih banyak yang belum menyadari, apalagi sekadar mengetahui. Alhasil setiba di bandara, banyak yang merasa tertipu.

Baca juga: Menghindari Biaya Kelebihan Bagasi

Jangan sampai hal yang sama terjadi pada Anda. Pelajari lebih jeli, dan nikmati perjalanan di udara dengan nyaman.

Kartu identitas anak

Beberapa maskapai pesawat mulai menanyakan kartu identitas anak. Alias KTP anak. Orang tua perlu menunjukkan saat check in. Jika tidak ada diminta untuk menunjukkan surat Kartu Keluarga. Kabarnya, aturan ini berlaku akibat kebijakan yang baru dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan. Di mana anak juga perlu didata secara valid.

Akan tetapi, mengingat belum banyak dikomunikasikan atau disampaikan secara tertulis, maskapai masih memberi toleransi. Mengizinkan anak-anak naik pesawat tanpa berbekal identitas resmi.

Sebagian merk laptop dilarang

Dulu mungkin pernah terdengar beberapa pihak pesawat melarang laptop yang berisi software ilegal ikut terbang. Tiap laptop yang akan masuk diperiksa ulang program-programnya.

Sekarang ada lagi yang baru terkait komputer jinjing tersebut. Untuk jenis keluaran dari pabrik tertentu tidak diperkenankan masuk karena informasi baterainya yang mudah terbakar (overheat). Maskapai juga menegaskan tidak akan memberi lampu hijau pada laptop yang masih dinyatakan produk recall (ditarik kembali).

Ada baiknya Anda juga mengembangkan pada piranti internet yang lain. Misalnya ponsel, powerbank, dan sebagainya.

Ada fasilitas wifi

Jelas bagi penumpang pesawat diharuskan mematikan segala perangkat elektronik. Hanya boleh dinyalakan dengan airplane mode. Sehingga membuat penumpang untuk sementara terhenti dari segala akses dunia maya. Kecuali di pesawat tersedia layar mini sebagai sarana hiburan.

Tapi jangan terus merasa merana. Banyak badan pesawat yang telah dilengkapi fasilitas wifi. Dapat dinikmati dari telepon genggam masing-masing, atau dari bentuk gawai yang lain. Keuntungan tersendiri jika Anda bisa menemukan maskapai yang telah memberikan fasilitas ini. (LAF)

Baca juga: Etika Saat di Pesawat yang Penting Diketahui

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments