14

Rasa Harmonis Kuliner Sop Janda di Bintaro

Kata “janda” memang berarti status seorang wanita yang pernah menikah. Namun kata “janda” di bidang kuliner adalah singkatan dari Jawa dan Sunda. Di mana hidangan sop iga, sebagai menu utama, memadukan cita rasa khas kedua daerah tersebut, yaitu manis dan pedas. Seperti Sop Janda Bu Tika, yang punya penggemar tersendiri di Bintaro.

Rumah makan Sop Janda Bu Tika memang tak langsung terlihat dari pinggir Jalan Jend. Sudirman, Pondok Pucung sektor 9, Bintaro. Anda harus melihat papan nama bertuliskan Sop Janda Bu Tika, lalu berbelok masuk ke lahan parkir yang cukup luas. Di sanalah resto yang didirikan oleh Bunga Antika Indah, biasa dipanggil Tika, berada.

Banyak Pilihan Rasa

Terdapat beberapa pilihan rasa Sop Janda yang ditawarkan dengan nama-nama yang “menggoda”, mulai dari Sop Janda Muda, Sop Janda Hot, Sop Janda Dimadu, Sop Janda Oseng, dan Sop Janda Telur Asin.

Sop Janda Dimadu

Salah satu menu yang jangan Anda lewatkan adalah Sop Janda Dimadu. Iga yang menjadi menu utama dimasak dengan cara dioseng, lalu diberi madu, dan disajikan terpisah dengan kuah yang pedas dan segar.  Iganya begitu empuk dan bumbu osengnya berpadu sempurna dengan manis madu. Membuat menu ini begitu unik dan sangat memikat lidah.

Sop Janda Telur Asin

Satu lagi yang berhasil memikat banyak langganannya adalah Sop Janda Telur Asin. Iga digoreng dalam baluran telur asin yang gurih dan bikin nagih. Kuah juga disajikan terpisah. Iga telur asinnya begitu renyah, sangat pas dilahap sambil menyeruput kuahnya yang pedas.

Simpel

Untuk interior, rumah makan ini memang tidak neko-neko. Beberapa bangku kayu tanpa sandaran dan meja kayu tertata rapi. Begitu pula aksen kayu di dinding dan konter.

Untuk ukuran, rumah makan ini sebenarnya cukup lapang. Mampu memuat sekitar 100 orang (lantai 1 dan 2). Tak heran bila resto ini kerap jadi tempat berkumpul komunitas dan arisan warga. Salah satunya pelanggannya adalah komunitas Taichi Bintaro.

Oya, di sini juga ada kopi corner. Penggemar kopi bisa menikmati iga yang empuk dengan kuah pedas, lalu menikmati secangkir kopi yang nikmat.

Tika sendiri pernah dinobatkannya sebagai salah satu Wanita Inspirasi 2018 dari sebuah yayasan wanita di Indonesia.  Selain dirinya, penyanyi Inul Darastita juga mendapatkan penghargaan serupa. (RAW/YBI)

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Rio Aribowo

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments