11

Ini Manfaat Mengenalkan Gadget Pada Anak

Tetap ada manfaat yang bisa dipetik dari mengenalkan gadget pada anak. Manfaat yang bisa dirasakan dalam tumbuh kembangnya. Asal ada persiapan yang juga dilakukan oleh orang tua.

Dalam arti tidak menyerahkan pemakaian gadget tanpa batasan pada anak. Sehingga bukannya anak menikmati manfaat yang begitu besar, melainkan merasakan dampak negatif yang cukup sulit untuk ditangani. Seperti nge-game tanpa aturan, mengunduh aplikasi tanpa campur tangan orang tua, dan sebagainya. Di mana akhirnya membuat gadget tampak menakutkan dan tak perlu dikenalkan pada anak.

Najelaa Shihab, founder Sekolah Cikal dan Yayasan Keluarga Kita menilai, “Sebenarnya yang menakutkan itu kalau anak tidak dipersiapkan, anak tidak berdaya. Sedang dunia digital sudah ada dan digunakan sehari-hari,” terangnya. Maka penting orang tua membantu dan memberikan contoh langsung.

Bahkan tampaknya sekarang setengah dari waktu kita dihabiskan di dunia maya. Kalaupun anak tidak mendapat gadget di rumah, akibat dari larangan berlebihan dari orang tua, kemungkinan anak bisa mendapat dari luar. Dan ini justru berbahaya. Diam-diam dengan risiko yang tidak terduga.

Baca juga: Aturan Main Gadget untuk Anak

Jadi kenalkan saja, sembari tetap memberikan pendampingan. Agar anak tumbuh menjadi generasi yang siap dengan segala kecanggihan teknologi. Termasuk pesatnya lika-liku gadget yang kian tak bisa diprediksi.

Anak makin kritis

Percaya atau tidak, mengenalkan gadget pada anak akan membuat mereka kian kritis. Tentu dengan syarat ada arahan yang jelas dari orang tua. Misalnya membekali mereka supaya lebih teliti dalam membaca data dan berita. Tidak menelan mentah-mentah informasi yang diterima.

Dari gadget, anak mengenal pula cara cek dan ricek, melihat ulang, membandingkan konten, dan mengambil kesimpulan. Ke depan tidak mudah termakan berita palsu, atau langsung tergiring ajakan yang tidak jelas tujuannya.

Anak belajar komitmen pada keamanan

Melalui gadget, ajak anak mengenal komitmen pada keamanan dirinya sendiri. Terangkan bahwa tidak semua hal perlu dibagikan ke dunia maya. Andai anak telah memiliki akun pribadi, sampaikan bahwa akun juga memerlukan kata kunci guna memproteksi.

Lalu adanya notifikasi yang tak harus dibuka semuanya. Langkah-langkah keamanan dunia maya yang memang harus dikenalkan sejak sekarang supaya dia tidak asing dengan kejelian oknum jahat yang merajalela.

Mengelola kolaborasi

Di sisi lain, anak juga belajar berkolaborasi. Tidak hanya dari lingkaran terdekat dan orang-orang itu saja. Gadget memberikan peluang yang begitu besar untuk berkenalan dengan berbagai orang hebat yang menginspirasi. Apalagi telah ada begitu banyak bentuk komunikasi yang kian memfasilitasi.

Bukan tidak mungkin hasil kolaborasi akan menghasilkan prestasi. Atau menjawab kebutuhan dan permasalahan sosial. Contohnya penggalangan dana dengan cara-cara seru.

Kian kreatif

Satu lagi efek yang bisa dipetik dari mengenalkan gadget adalah kian kreatif. Gadget ialah satu wadah dengan daya tampung tanpa limit. Anak bisa memenuhi rasa keingintahuannya, juga mengembangkan kreasinya. Berbagai sumber dapat diakses dengan mudah. Tentunya juga sangat mendukung pendalaman materi di sekolah. Serta kemampuan softskill yang akan sangat berguna di masa mendatang. (LAF)

Baca juga: Perlu Diketahui Orang Tua Saat Memberikan Gadget pada Anak

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments