08-7

Pasar Pangan Organik dan Minim Sampah di Bintaro

Kebutuhan terhadap bahan pangan yang sehat, yaitu bebas 4P (pengawet, penyedap, pewarna, dan pemanis buatan), serta bebas pestisida mulai meningkat di Bintaro. Seiring dengan makin tingginya kesadaran masyarakat Bintaro akan kesehatan. Karena itulah, Meli, warga Emerald Bintaro, menggagas acara di mana konsumen dan penjual makanan sehat di Bintaro dapat berkumpul dan berkenalan.

Maka terwujudlah Gaia Market Bintaro, yang berlangsung Sabtu (7/9) kemarin di Daar Fatiha, Jalan Elang, sektor 9 Bintaro. Meski acara ini cukup singkat, yaitu berlangsung dari pukul 8 pagi hingga 12 siang, namun ternyata cukup diminati warga.

Aneka Makanan Organik

Semua makanan yang dijual di sini sudah tentu tanpa 4P, non GMO, non-pestisida. Beberapa produk pangan bahkan bebas gluten. Bukan hanya makanan jadi, beberapa bahan makanan seperti sayuran organik dan aneka beras juga dijual di sini. Penyalur bahan makanan organik tersebut berasal dari sekitar Bintaro.

Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah produk tempe organik. Agus’s Tempe, itulah merek tempe organik tersebut. Selain memiliki rasa original, tempe yang terbuat dari kedelai organik ini terdiri dari dua varian, yaitu rasa kayu manis dan kunyit. Harga satu papan tempe ini hanya Rp 12 ribu.

Minim Sampah

Selain sehat, pasar yang menurut Meli rencananya akan diadakan sebulan sekali ini, juga dirancang untuk minim sampah. Para pengunjung diharapkan membawa wadah makanan sendiri, tumbler, dan juga tas belanja. “Kami menyediakan air minum, tapi tumbler bawa sendiri,” terang Meli.

Hal ini dilakukan agar semakin banyak masyarakat yang sadar dan cinta lingkungan. “Kami memberi nama Gaia, karena dalam bahasa Yunani kuno, Gaia berarti bumi,” jelas Meli.

Sekitar 16 pegiat pangan sehat menggelar produknya di acara ini. Antusias warga Bintaro pun cukup baik, dengan banyaknya warga yang datang dan berbelanja di pasar sehat ini hingga siang hari. (YBI)

Baca juga: Cerdik Memilih Sayur Organik

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Yudhanti

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments