06

5 Ras Anjing Agresif yang Bisa Berbahaya Bila Tak Dilatih dengan Benar

Anjing memang bisa jadi sahabat manusia yang sangat setia, namun beberapa ras anjing memang terkenal agresif. Bila tidak dilatih dengan benar dapat membahayakan orang-orang di sekitarnya atau bahkan pemiliknya.

Kasus asisten rumah tangga yang digigit hingga tewas oleh anjing milik presenter Bima Aryo tengah gencar diperbincangkan. Kasus menyedihkan ini menambah deretan panjang kasus maut karena gigitan anjing.

Memang anjing jenis Berlgian Malinois yang menyerang asisten rumah tangga tersebut merupakan jenis anjing yang sangat energik dan aktif. Tak heran anjing jenis ini kerap dipilih sebagai anjing pelacak. Anjing ini juga sering dijadikan anjing penjaga.

Anjing memang memiliki karakteristik berbeda. Beberapa jenis anjing ras ini juga memiliki karakteristik agresif yang bisa berbahaya bila pemiliknya tidak melatihnya dengan benar.

Pit Bull

Anjing ras ini disebut-sebut sebagai anjing ras paling berbahaya di dunia. Bahkan beberapa negara melarang jenis anjing ini untuk dipelihara. Agar sifat agresifnya tidak meledak, Pit Bull perlu mendapat pelatihan intensif. Bahkan sebuah penelitian di Amerika Serikat menyebutkan bahwa 94% penyerangan Pit Bull pada anak-anak adalah tanpa provokasi.

Rottweiler

Berdasarkan data Center for Disease Control and Prevention (CDC), Rottweiler bertanggung jawab pada sekitar lima puluh persen kematian akibat digigit anjing di Amerika Serikat antara tahun 1993 dan 1996. Keagresifan memang sifat alami anjing ras ini. Bahkan disebut-sebut gigitan seekor Rottweiler dapat mencapai daya hingga 1.460 newtons.

German Sheperd

Beberapa studi membuktikan bahwa anjing ras German Shepherd memiliki kecenderungan untuk menyerang anjing yang lebih kecil. Ketika mereka menyerang, gigitannya bisa bertenaga lebih dari 1.060 newton.

Itulah sebabnya German Shepherd kerap dijadikan anjing polisi. Para penjahat akan terbirit-birit berhadapan dengan anjing ini.

Gull Dong

Anjing ras persilangan antara Gull Terrier dan Bully Kutta ini sangat kuat dan bertenaga. Memang anjing ini awalnya secara khusus dibesarkan sebagai anjing petarung. Sifat agresifnya sudah melegenda. Jadi bila Anda ingin mengadopsi anjing ini sebaiknya memiliki bekal yang cukup dalam melatih anjing.

Akita Inu

Anjing yang berasal dari daerah pegunungan di Jepang ini sebenarnya memiliki karakteristik loyal, kuat, mandiri, dan dominan. Mereka juga memiliki territorial attitude. Sayangnya, mereka tidak begitu bersahabat dengan orang asing. Jika anjing ras ini tidak dilatih dan diajar untuk bersosialisasi dengan benar akan menjadi mimpi buruk bagi pemiliknya. (YBI)

Baca juga: 3 Hal yang Sering Terlewatkan Saat Memelihara Hewan

 

Foto ilustrasi: Pexels, istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments