05

Proteksi Tepat untuk Cat Mobil

Sama seperti bagian yang lain, cat mobil juga membutuhkan proteksi. Perawatan yang bertujuan menjaga keutuhan warna dan kebersihannya. Sehingga mobil selalu tampak kinclong dan mulus.

Bukan tidak mungkin mobil seperti baru dibeli. Tak ubahnya keluaran teranyar. Padahal mungkin sudah berumur sekian dan sering diajak mondar mandir ke sana ke mari. Karena tampilannya yang memukau, siapapun mudah dibuat terpukau. Tak sulit menjualnya kembali. Serta selalu bangga memilikinya.

Namun, berbeda bila cat mobil tak mendapat sentuhan perawatan. Jarang dibersihkan hingga membuatnya terlihat kusam. Warnanya tak nyaman dipandang. Hingga banyak yang menyangka bahwa ia bukan mobil yang layak digunakan. Mesti mesin dan interior di dalam sebenarnya baik-baik saja.

Karena itu, cat mobil ibaratnya kulit yang membungkus tubuh manusia. Menjadi cerminan sehat tidaknya bodi. Perlu diperlakukan sebaiknya-baiknya. Bak kulit yang sering diberi nutrisi dan gizi. Juga memproteksi dari serangan luar yang kerap tak terduga.

Cuci rutin

Jika kulit dibersihkan dengan metode mandi, sama halnya dengan cat mobil. Bersihkan secara rutin setiap kali masa penggunaan. Utamanya tak boleh terlewat saat kehujanan atau lumpur tebal menempel. Atau masih bersih ketika dipandang, namun ternyata debu tertinggal begitu jari digoreskan.

Khusus pasca kehujanan. Air hujan yang bersifat asam bila lama dibiarkan akan berubah menjadi korosif. Menciptakan karat dan melepaskan cat dari bodi mobil. Setidaknya dengan dibilas, antisipasi sejak awal sudah dilakukan.

Parkir dan garasi

Perhatikan di mana Anda memarkir mobil dan garasi yang biasa dipakai. Upayakan selalu berada di tempat yang teduh. Minimal tidak sering terpapar sinar matahari atau kehujanan hampir setiap saat. Pilih yang menyejukkan. Di samping berdampak baik bagi kondisi mesin.

Andai Anda tidak bisa menemukan tempat yang cukup temaram baginya, tutup saja pakai kain atau bahan lainnya. Cat mobil tetap aman dan awet coraknya.

Sabun atau sampo bersahabat

Dalam pencucian, kenakan bahan yang sesuai. Banyak produk sabun dan sampo yang sengaja ditujukan untuk mobil. Bertekstur halus, namun hasilnya istimewa. Lengkapi dengan penggunaan spons dan lap yang aman. Tidak menimbulkan goresan akibat sifat dasar bahan yang terkadang kasar. Sebab cat mobil tidak mampu menerima aksi eksternal yang tidak bersahabat.

Upayakan tetap kering

Upayakan cat mobil selalu dalam keadaan benar-benar kering. Tidak terlalu basah atau masih lembap. Karenanya penting untuk langsung membersihkan sisa kotoran, membilas, dan langsung mengeringkan kembali.

Serta sebisa mungkin hindari menutup permukaan mobil di saat belum kering sepenuhnya. Butiran air yang tak sampai menguap akan mengendap, dan berubah menyerang pada ketahanan warna cat.

Cat ulang

Cat ulang adalah cara lain yang tidak bisa dihindari ketika Anda sudah tidak mampu lagi mempertahankan cat mobil seperti semula. Terdapat banyak goresan yang cukup dalam, warna telah pudar, dan sebagainya. Atau opsi itu untuk mendapat warna lain, di mana berbeda dari rupa asalnya. Akan tetapi, tentu harus ditebus dengan biaya yang tidak murah. (LAF)

Baca juga: Langkah Aman Membersihkan Kaca Mobil

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments