15

Makin Akrab Dengan Motor Listrik

Penggunaan listrik sebagai bahan bakar semakin menggeliat. Kini pengendara bisa menikmatinya lewat sepeda motor listrik. Banyak keunggulan yang bisa dirasakan maupun dampaknya pada lingkungan.

Bahkan produsen motor tampaknya makin tertarik memproduksi besar-besaran. Mendesainnya dalam kemasan ciamik. Ada yang dibuat mirip motor balap, ada pula yang berukuran mini seperti motor matic pada umumnya. Spesifikasinya dipasang tidak jauh berbeda dengan motor berbahan bakar konvensional, namun ada yang dirancang dengan piranti canggih yang terkoneksi langsung dengan internet.

Harganya sendiri dibanderol macam-macam. Tergantung dari pabrik yang mengeluarkan dan kelengkapan yang melekat dimotor listrik itu. Paling murah berada dikisaran Rp 16 juta. Juga ada yang dipasang seharga Rp 40 juta ke atas.

Geliat motor ini di pasaran juga disambut manis. Contohnya oleh pemerintah yang akan terus mengkaji aturan dan mendukung produksi massal. Pemakaian berjamaah juga kian dianjurkan untuk pengguna lalu lintas setiap harinya. Termasuk pada ojek online atau pelaju kerja. Apalagi jika bukan berdasar kelebihan yang ditawarkan oleh motor listrik.

Keunggulannya

Keunggulan yang tampak jelas adalah nirpolusi. Listrik tidak menghasilkan redusi dan emisi separah bahan bakar fosil. Hasil pembakaran lebih mudah diterima oleh lingkungan. Alhasil sangat potensial menjadi jawaban bagi dilema transportasi selama ini. Menginginkan udara tetap sehat namun tak bisa mengurangi jumlah kendaraan.

Motor listrik juga selalu fit di manapun ia berada. Asal tidak kehabisan daya baterai, itu saja. Begitu handel gas diputar, tenaganya langsung terasa. Jarak tempuhnya di rentang 150 hingga mencapai 300 kilometer. Jadi bukan terkategori motor uji coba, namun memang layak dipakai sehari-hari.

Perawatan

Tak merepotkan sama sekali. Perawatannya terbilang sangat minim. Satu-satunya minyak yang perlu diganti hanya minyak rem. Ditambah penggantian timing belt setelah mencapai 15.000 kilometer. Selebihnya untuk urusan bodi atau pesona luar, tergantung selera Anda.

Baterai

Kebanyakan motor listrik memakai baterai tipe lithium-ion, dengan satuan KWh. Semakin besar KWh-nya, semakin jauh jarak tempuhnya.

Jika ingin isi ulang, Anda bisa menggunakan listrik rumah sebesar 220 volt. Tipe motor listrik tertentu ada yang membutuhkan hingga 1.300 watt. Lama pengisian dari kosong sampai benar-benar penuh akan membutuhan waktu 4-8 jam. Waktu pengisian dapat lebih pendek jika terbantu oleh charger khusus.

Dan ingat, bagaimanapun baterai punya usia. Kapasitasnya bisa menurun, tak lagi 100% meski telah diisi penuh. Terutama setelah motor listrik menempuh jarak lebih dari 500.000 kilometer.

Bila bersentuhan dengan air

Tenang saja, motor listrik telah dirancang bersentuhan dengan air. Seperti hujan, dicuci, dan genangan kecil. Namun tetap tidak disarankan untuk melaju atau terendam dalam banjir. Bagaimanapun risikonya tidak bisa diprediksi, sehubungan dengan sifat air yang bisa menjadi penghantar listrik.

Aturan hukum

Motor listrik legal digunakan. Didukung oleh aturan baku berupa penulisan elektrik di kolom CC STNK. Ia juga tidak terkena luxury tax, tetapi tepatnya impor duty. Tak perlu ragu lagi untuk mengajaknya menjelajah sesegera mungkin. (LAF)

 

Foto: Etalase Bintaro/Yudhanti

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments