28

Mengintip Gaya Belajar Anak Zaman Now

Perkembangan dunia edukasi saat ini diikuti oleh keunikan gaya belajar anak zaman sekarang. Jauh berbeda dari gaya generasi sebelumnya. Mencolok dan tetap perlu dilihat plus minusnya. Agar saat menemukan kendala, bisa segera dientaskan dengan solusi.

Di sisi lain berikan dukungan pada anak, jika sekiranya memang tidak menunjukkan gaya yang berbeda. Tak perlu khawatir berlebihan, karena mungkin itu metodenya dalam mendalami materi. Ditambah gaya belajar yang mumpuni memang dibutuhkan dalam perkembangan zaman yang terus pesat ini.

Dilibatkan dan meneliti bersama

Dalam setiap kesempatan, anak ingin terus dilibatkan. Juga meneliti bersama untuk memenuhi setiap keingintahuannya. Tidak sebagai objek penerima saja, melainkan berperan subjek dan merasakan sendiri hasil uji cobanya. Atau dengan kata lain, bertanya sendiri dan dijawab sendiri. Meski tetap perlu pendamping dari mentor atau guru kelas untuk memberi arahan.

Dua arah

Tak hanya mendengar, anak zaman now juga ingin didengar. Komunikasi dua arah yang ditandai dengan diskusi intens dan tanya jawab. Saling memenuhi, melengkapi, serta menghargai satu sama lain. Utamanya antara pendidik dan murid. Sebab murid saat ini juga ingin diapresiasi opini dan kemauannya.

Pengembangan materi

Mereka juga cenderung mudah bosan, apalagi bila disajikan dengan materi yang sama terus menerus. Terutama yang telah dianggap konvensional. Sebaliknya, mereka lebih suka mendapat materi yang berlanjut dengan pengembangan. Ditambah anak diajak turut serta langsung. Misalnya dengan dikaitkan pada materi pelajaran lainnya dan menemukan koneksi di antaranya. Cara ini lebih disenangi dan dinilai familier dengan gaya mereka. Selain juga melatih kritis dan berdaya dalam mengarungi dunia akademisinya.

Gaya penyampaian kreatif dan terkini

Anak zaman now menyukai kekreatifan dan kekinian. Termasuk untuk urusan penyampaian materi. Hal ini akhirnya mau tidak mau membuat para tenaga pendidik lebih ekstra berinovasi agar materi tersampaikan dengan baik. Tak monoton dan hanya berpaku pada textbook saja. Anak membutuhkan hawa kesegaran  pada tiap materi kelasnya.

Menjawab persoalannya

Mungkin setiap materi pelajaran akan diikuti. Akan tetapi anak zaman now lebih tertarik dan mendalami materi yang menjawab persoalannya. Tidak mengherankan bila ada pertanyaan ini untuk apa, dan sebagainya. Sebabnya sendiri ada banyak. Contohnya kesibukan yang padat, juga minat di bidang lain yang lebih asyik untuk ditekuni.

Logis

Pola pikir anak sekarang yang kritis, menuntut adanya berbagai tanya. Di mana meminta jawaban yang terstruktur, logis atau rasional. Perlu dijelaskan antara relasi satu hal pada hal lainnya. Perlu mengetahui faktor pemicu sekaligus dampaknya. Enggan untuk sekadar duduk menerima jawaban secara umum, apalagi ada kesan misteri. Semuanya harus diterangkan dengan terbuka, informatif, dan logis.

Mengandalkan informasi teknologi

Gaya belajar saat ini juga lekat dengan informasi teknologi. Mengandalkan peranti gawai sebagai jawaban untuk memecahkan persoalan. Sumber yang segera dituju guna meraih jawaban secara cepat dan tepat. Namun, awas, kadang juga menjadi jawaban instan dan tak sepenuhnya benar. Jadi tetap berikan arahan dan panduan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments