18

Wisata Ke Bekas Galian di Indonesia

Tidak selamanya area bekas galian  terbengkalai. Kini banyak yang menjelma menjadi tempat indah. Terbuka bagi siapa saja dan layak menjadi lahan wisata yang murah meriah.

Sengaja dikelola dengan penambahan ornamen menarik. Imbuhan pas sementara panorama alam di sekitarnya tak kalah cantiknya. Bebas melepaskan pandangan dan mengusir stres yang menjenuhkan.

Soal fasilitas, jangan khawatir. Anda dan keluarga akan dijamu dengan berbagai kenyamanan dan terjamin keamanannya. Pilihan yang tak boleh dilewatkan. Sekaligus turut mengambil faedah dari perubahan lokasi yang terlanjur telah tereksploitasi. Membuatnya tak semakin parah, melainkan bermanfaat bagi sesama.

Kandang Godzila

Foto: merahputih.com

Tak seseram namanya. Godzila merupakan sebutan untuk batu-batuan besar yang sekilas mirip dengan binatang purba. Hasil temuan setelah sekian lama penggalian pasir dilakukan terus menerus. Dikelilingi oleh genangan air, yang mana adakalanya mengering lantas berganti ladang rumput hijau. Cocok sekali sebagai spot foto yang ciamik. Jika ingin ke sana, Anda bisa menuju Kampung Koja, Tangerang.

Telaga Biru Cisoka

Foto: viva.co.id

Masih di Kabupaten Tangerang, ada Telaga Biru Cisoka. Terbentuk sebab adanya galian pasir secara meluas yang kemudian terisi air permanen. Warnanya dominan biru, namun bisa berubah-ubah menjadi hijau. Di atasnya sudah menunggu perahu cantik hasil dandanan yang kreatif. Meski suhunya lumayan menyengat, tapi coba saja. Dijamin tak kapok berkunjung ke sana.

Istana Negeri Dongeng

Foto: instazu.com

Kali ini bukan danau, melainkan Istana Negeri Dongeng. Berada di Lebak Dego, perbatasan Serang-Cilegon. Secara tak sengaja terbentuk dari galian pasir yang membentuk sebuah istana. Lalu disempurnakan dengan beberapa kali gubahan agar mendapat efek yang makin sempurna.

Danau Kaolin

Foto: travelingyuk.com

Dulunya adalah areal pertambangan. Setelah ditinggalkan, muncul genangan air yang membiru dan jernih. Diapit oleh hamparan pasir putih yang sulit diungkapkan keindahannya. Pengunjung tak lagi resah oleh teriknya sinar matahari, karena terpesona kemolekan danau ini.  Salah satu opsi wisata di Tanjungpandan, Belitung yang tak boleh dilewatkan.

Bukit Jaddih

Foto: kumparan.com

Beralih ke Bangkalan, Madura. Di kota tersebut siapa sangka tersembunyi sebuah bukit bekas galian batu kapur yang begitu mengagumkan. Bernama Bukit Jaddih, perpaduan antara tebing-tebing batu kapur menjulang tinggi dan warna putih yang menyelimuti. Di sebagian titik telah dilengkapi dengan fasilitas umum, seperti kolam renang. Seolah obat penawar yang pas di tengah suhu panas, terutama saat siang hari.

Tebing Breksi

Foto: rri.co.id

Tebing Breksi ada di Prambanan, Yogyakarta. Sebelumnya lokasi tambang batuan alam yang dibiarkan tak terurus dan sendiri. Daripada menganggur, ia kemudian dirawat sebagai destinasi wisata. Nyatanya, sekarang selalu ramai. Lewat anakan tangga, ukiran naga, juga berbagai ornamen buatan yang menarik untuk didatangi.

Gurun Pasir Busung

Foto: dakatour.com

Ini tak ubahnya bak bertandang ke gurun pasir di Timur Tengah. Lokasi bekas tambang yang dimiliki oleh Bintan, Kepulauan Riau. Ada undakan pasir yang terbentuk alami, ada danau-danau biru, juga deretan bukit batuan putih yang melingkari. Sekarang banyak pula sederet pohon yang mulai tumbuh membesar. Tempat bernaung dan memberikan sentuhan hijau di sana. (LAF)

 

Foto: Etalase Bintaro/Yudhanti, istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments