08

Perawatan Tepat Untuk Sepeda Lipat

Berikan yang terbaik untuk sepeda lipat Anda. Perawatan yang rutin akan membuatnya selalu tampil memesona. Caranya pun mudah dan murah. Kapanpun akan dipakai, sepeda lipat siap sedia.

Selain mengejar keawetan dari sepeda lipat itu sendiri. Mengingat konstruksinya yang sedikit berbeda dari sepeda biasa. Apalagi bila sering dibagi dua, alias dilipat dan dikembalikan ke bentuk semula. Juga dikayuh ke mana-mana. Sekian jarak saja sudah memberikan pengaruh nyata pada staminanya.

Perawatan rutin jelas menjadi metode alami guna selalu memproteksi. Dibanding baru melakukannya setelah sepeda sakit akibat dibiarkan terlantar tanpa perawatan. Tentu akan berbeda hasilnya. Walau sepeda lipat bisa kembali fit, akan tetapi tetap ada biaya yang mesti dikeluarkan. Misalnya untuk membeli komponen yang sudah usang dan membayar jasa bengkel.

Saat sepeda lipat terus berada dalam kondisi baik, tak masalah untuk menambahkan ornamen. Mengganti onderdil yang asli dengan buatan merk lain. Karena memang keadaannya memungkinkan berkat perawatan. Dan tak membuat Anda tergantung satu produk saja. Sepeda lipat bisa dimodifikasi secantik mungkin.

Rutin dicuci

Rutin dicuci sangat diperlukan. Namun kerjakan dengan hati-hati. Siram air perlahan, gosok bagian-bagian kotor, akhiri dengan mengelapnya sampai kering. Terutama area yang mudah kotor oleh debu seperti ban. Serta jangan lupakan bagian yang tersembunyi.

Hindari menggunakan semprotan air yang kuat. Sebab cipratan air bertekanan tinggi dan diarahkan langsung justru merusak bodinya.

Bagian operasional tak boleh terlewat

Perawatan juga mesti meliputi bagian operasional yang urgen. Diantaranya kabel shifter, rem, dan rantai. Unit-unit tersebut memiliki kontribusi penting dalam gerak langkah sepeda. Jangan sampai karatan dan tidak berfungsi. Biasanya gejala yang muncul apabila lupa dirawat adalah terdengar bunyi berisik.

Oleskan oli atau minyak pelumas pada bagian operasional tadi. Oli akan membantu menghindari karat dan aus. Sehingga tidak memberi pengaruh buruk pada bagian lain.

Volume ban pas

Setiap merk sepeda lipat mempunyai standar volume ban yang berbeda-beda. Lihat kembali pada buku petunjuk atau bertanya pada customer service. Tekanan yang kurang rawan membuat ban cepat kempes dan merusak ban dalam. Sementara jika tekanannya terlalu tinggi, ban cepat pecah. Lantas, bila tidak digunakan, lapisi ban dengan kain atau karton tebal. Bersinggungan langsung dengan lantai atau keramik, berdampak pada volume ban cepat berkurang.

Pilih garasi yang tepat

Selanjutnya pilih garasi yang tepat. Letakkan di tempat yang aman dari terpaan debu dan tetap mendapat sentuhan terangnya sinar. Upayakan ia tetap terlihat walau tidak akan digunakan untuk waktu yang lama. Setidaknya dengan demikian, Anda tidak lupa untuk membersihkan dan merawat setiap saat.

Simpan dengan benar

Di samping tempat, cara menyimpan juga tak boleh sembarangan. Biarkan ia tetap berdiri, utuh memanjang atau terlipat dua. Atau gantungkan dengan posisi yang aman. Bungkus dengan kain atau plastik transparan, bila dirasa perlu. Singkirkan benda-benda sekitar jika ingin menumpang di atasnya. Serta jauhkan tekanan besar dari samping kanan kiri, depan dan belakangnya. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pixabay

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments