02

Perawatan Wajah Agar Tak Kusam Saat Kemarau

Upayakan wajah Anda tetap berkilau dan bercahaya. Layaknya limpahan sinar saat kemarau ada. Dengan perawatan yang benar dan intens.

Sebab sudah menjadi rahasia umum, kemarau memberi dampak yang tidak main-main pada kulit, utamanya kulit wajah. Sinar matahari yang berlebihan membuat kulit jadi dehidrasi, pori-pori membesar, hingga menjelma jadi akses masuknya bakteri serta kuman. Terancam oleh jerawat, peradangan, dan sebagainya.

Dilihat pun tak menawan. Tampak kusam, bersisik, kotor, berminyak, dan sejenisnya. Akibat terpaan angin yang membawa debu. Bisa-bisa tak percaya diri lagi.

Maka mau tak mau lakukan perawatan untuk mencegah itu semua. Perawatan yang rutin dan dimulai dari langkah yang sederhana justru lebih efektif. Ketimbang nanti-nanti saja, yang mana berpotensi menyedot usaha lebih ekstra dan anggaran lebih besar, guna membeli produk-produk kecantikan.

Seminim mungkin mandi air hangat

Kala kemarau, hindari seminim mungkin mandi air hangat. Termasuk menggunakannya sebagai media cuci muka. Suhu tinggi dari air makin memperbesar dampak negatif yang sudah awal dibawa oleh kemarau. Contohnya kulit cepat keriput dan gampang kering. Pertimbangkan ulang sebelum menyiramkannya langsung ke permukaan wajah. Terlalu sering berhubungan dengan air hangat sama saja tidak melakukan proteksi.

Rutin membersihkan wajah

Udara kering yang menjadi identitas kemarau sangat berpotensi mengantarkan kuman dan debu menempel pada muka. Karenanya bersihkan wajah secara rutin. Khususnya setelah berada di ruangan terbuka, terpapar sinar matahari, setelah pemakaian makeup, dan sebelum tidur. Bersih-bersih muka minimal menghindarkan Anda dari gejala awal munculnya penyakit kulit.

Intens menggunakan pelembap

Gunakan setiap hari pelembap dengan teratur. Pelembap adalah bentuk lain pemberian nutrisi dari luar. Kulit wajah senantiasa terasa lembap dan kenyal. Jauh dari kesan kering, pecah-pecah, dan rentan dengan aneka patologi. Ingin berdandan dengan berbagai gaya tak masalah lagi. Pasalnya kondisi kulit siap memfasilitasi.

Aplikasikan masker

Perawatan juga dapat didatangkan dengan bantuan masker. Dalam seminggu, setidaknya dua hingga tiga kali sudah cukup. Durasinya pun hanya perlu rentang antara 10 hingga 15 menit. Jenisnya bisa Anda pilih sesuai kenyamanan. Tinggal memakai buatan pabrik yang banyak beredar di pasaran. Juga tepat memilih jenis masker homemade, berasal dari bahan-bahan tradisional dengan jaminan efek samping lebih kecil.

Memilih skin care yang tepat

Perhatikan kembali skin care yang selama ini diaplikasikan. Tambahkan serum ke dalam rangkaian perawatan sehari-hari. Pilih tekstur skin care yang lebih ringan. Komponen ringan lebih cocok dipakai saat kemarau. Tidak memperberat permukaan wajah namun tetap intens menjaga kelembapan. Pakai sebelum Anda keluar rumah. Kantongi kemanapun Anda pergi. Sewaktu-waktu dibutuhkan, Anda tinggal ambil saja.

Nutrisi dari dalam

Lengkapi nutrisi dari dalam. Caranya ialah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang memang baik bagi kulit. Seperti sayur mayur hijau, buah-buahan, dan asupan mineral. Ibaratnya menjadi benteng kuat supaya gangguan dari luar batal menyerang dan tak berarti. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments