01

Agar Untung Saat Tukar Tambah Mobil Baru

Ingin punya mobil baru, bisa dilakukan dengan cara menukar mobil lama. Salah satu opsi yang bisa ditempuh, walau kurang tenar dibanding langsung mendapat yang gres. Ketahui syaratnya, siapa tahu Anda ingin mencoba dan sekaligus meraup untung.

Karena laba yang didapat bukan soal finansial. Anda memang cukup mengeluarkan lebih sedikit daripada membeli keluaran teranyar. Tetapi lebih dari itu, Anda tak kerepotan mencari pembeli yang siap menampung mobil lama dengan segera.

Namun tentu bayang-bayang tak merugi sering terbersit menghampiri. Khususnya bagi Anda yang jarang berinteraksi soal otomotif. Apalagi transaksi tukar tambah mobil, dikenal pula sebagai trade in, terbilang transaksi barang mewah. Tak mau tertipu dan terkelabui.

Jadi, mainkan trik agar urusan melepas mobil lama tidak disesali. Menyambut mobil baru dengan bahagia seutuhnya. Dan menjalankannya dengan kenyamanan yang berarti.

Dealer atau ATPM

Biasanya pihak yang menyelenggarakan trade in adalah dealer resmi atau showroom. Di sana Anda bisa membawa mobil yang hendak dijual dan tanyakan harga. Mereka yang akan mengecek kondisi mobil dan membuat perkiraan harga.

Pikir matang sebelum Anda menyerahkan kunci. Jika tidak puas dengan nilai taksiran mereka, coba bawa mobil ke dealer yang lain. Hingga Anda benar-benar mengetahui harga terbaik dan puas dengan tawaran yang ada.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba tukar tambah di Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM). Bahkan seringkali ada berbagai promosi menarik serta penawaran 5% lebih tinggi dibanding di luar. ATPM sengaja turut berdagang di jalur tukar tambah guna mengontrol harga mobil bekas pabrik mereka di pasaran. Tidak salah untuk dicoba kan?

Untuk harga yang terbaik

Untuk harga yang terbaik, lakukan dengan cara memoles bodi mobil sesempurna mungkin. Bersihkan bagian dalam, dandani interiornya atau kembalikan ke dekorasi awal. Murni tanpa tempelan stiker dan beberapa tambahan lainnya.

Jika ada goresan pada cat, segera benahi. Begitu pula soal stamina mesin dan daya lajunya. Mengemasnya hingga terlihat segar bak mobil baru, tentu saja akan mengerek harganya.

Akan tetapi jika mobil yang dijual dalam kondisi buruk, kemungkinan hanya dihargai rendah. Sebab mereka juga harus mengeluarkan biaya untuk memperbaiki mobil Anda dan lantas menjualnya kembali.

Taksiran uang yang ditambahkan

Seperti yang telah disebutkan tadi, bahwa Anda akan diminta membayar sekian rupiah untuk mendapat mobil yang baru. Selisih nominal berdasarkan total nilai jual mobil lama.

Lengkapi surat-surat resmi

Lalu, tak lupa, lengkapi surat-surat resmi yang mesti menjadi identitas resmi mobil. Pasang plat mobil yang sebenarnya. Mobil lama mantap diterima dan menepis keraguan dari dugaan negatif dari mana datangnya mobil tersebut.

Uji coba mobil baru

Terakhir, lakukan test drive begitu mobil baru diserahkan. Pantau kilometer pada penanda, merdunya suara mesin, dan lain-lainnya. Pastikan semua hal yang melekat pada mobil baru tidak ada masalah. Sehingga keluar dan membawanya ke jalan raya tidak diikuti rasa was-was. Sebaliknya, untung karena menemukan mobil sesuai keinginan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments