19

Botak Di Kepala, Tetap Indah Di Mata

Kepala botak tetap membutuhkan perawatan. Meski tidak ada satu rambut pun yang tumbuh. Alias tampak mulus dan kinclong bila terkena sinar. Perawatan diperlukan guna selalu menghadirkan kesehatan dan menjauhkannya dari berbagai penyakit.

Sebut saja ruam di kepala, luka bakar karena sinar matahari, jerawat, hingga kudis. Akan sangat memalukan dan menurunkan kepercayaan diri bila sampai terlihat. Sedang tidak ada helai-helai rambut yang mampu menyembunyikannya. Otomatis Anda, terutama mayoritas kaum pria yang menyukai kepala plontos, mesti menggunakan bantuan penutup seperti topi setiap saat.

Belum lagi aktivitas menggaruk-garuk akan tampak sebagai kebiasaan tak sehat. Membuat status kepala botak tak lagi sekeren penampakannya.

Karenanya, perawatan kepala ditujukan bukan hanya menjaga penampilan tetap indah di mata. Melainkan juga mengejar unsur kulit terawat yang siap menampung tumbuhnya rambut-rambut kapan saja. Bila kemudian hari Anda menginginkan lagi keberadaan rambut, kulit kepala sudah siap sedia. Tak perlu pengobatan khusus, sebab sejak awal Anda sudah melakukan proteksi dengan sebaik-baiknya.

Tetap memakai sampo

Sampo tetap berguna bagi kepala botak. Cairan kental ini mampu mengusir debu dan kotoran yang sepintas barangkali tak terlihat. Penyebab yang menyumbat pori-pori kulit, lalu membuat masalah pada pertumbuhan rambut.

Selain itu, saat sampo dioleskan dan dengan bantuan sedikit pijatan di tangan, sirkulasi darah di kepala dapat mengalir lancar. Sampo juga menghaluskan kulit. Membuat proses cukur lebih aman dan lebih mudah. Namun tetap hindari sabun biasa dengan tidak mengaplikasikannya di kepala. Sebab bahan dan teksturnya berbeda.

Cukur setelah mandi

Jika ingin menjaga kepala tetap bersih dari rambut, ambil waktu cukur yang terbaik. Tepatnya setelah mandi. Kulit masih terasa lembap berkat siraman air yang baru saja terjadi. Mulai dari bagian yang gampang dilihat. Lanjutkan ke bagian lekukan kepala hingga ke area paling belakang. Lakukan di depan kaca untuk menghindari salah lihat. Serta tunjang dengan alat cukur yang steril.

Jaga kelembapannya

Setelahnya tetap jaga kelembapannya. Seperti krim untuk kulit kepala yang fungsinya banyak sekali. Kulit tetap terasa segar dan sehat. Juga menutup peluang rambut tumbuh ke dalam, yang mengundang risiko absis atau jerawat. Di samping penggunaan krim terbukti memberikan proteksi dari terpaan sinar matahari berlebihan pada kulit rambut yang telanjang.

Selalu terhidrasi

Upayakan permukaan kulit kepala selalu terhidrasi. Setiap saat seperti selalu dibuai oleh air. Anda bisa mengupayakanya dari bahan-bahan natural. Contohnya minyak zaitun, minyak kepala, minyak jojoba, dan tea tree oil. Atau losion khusus bagi kulit kepala. Gunakan setiap pagi atau sesekali sesuai kebutuhan. Botak tak harus identik dengan kulit kepala yang kering.

Lindungi saat di luar ruangan

Perawatan lain yang tak kalah pentingnya adalah melindungi kepala ketika berada di luar ruangan. Terutama saat di bawah teriknya sinar untuk waktu yang lama. Anda bisa mengenakan bahan khusus tadi, atau topi. Minimal bahan yang mampu menyaring terpaan sinar, hingga tak langsung menyasar langsung ke kulit kepala. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments