18

Menentukan Harga Jual Rumah

Sekadar penasaran dengan harga rumah, atau memang berniat untuk menjualnya, tentu dari sekarang penting mengetahui nilai yang sebenarnya. Supaya tetap untung dan tak merugi melepas properti.

Karena memasang harga yang tak sesuai tak baik di kemudian hari. Apabila nilainya terlalu rendah, jelas tak bisa mengantongi untung. Bisa-bisa Anda harus menambal sejumlah pembiayan penjualan. Sedang nilai yang terlalu tinggi akan membuat rumah susah laku. Pasar menilai rumah terlalu susah digapai. Tidak berkaca pada harapan banyak orang. Melainkan menyiratkan egoisme pemilik demi mendapat untung yang selangit.

Hal ini berlaku saat akan menjual melalui tangan pertama. Atau mengalihkannya lewat jasa agen properti. Di mana kelak pembayaran jasa mereka kemungkinan Anda anggarkan dari hasil penjualan. Sehingga secara tidak langsung, berpengaruh pula pada nilai rumah yang ingin dijual.

Perhatikan beberapa faktor penting yang tidak bisa ditiadakan dalam penjualan rumah. Seperti harga tanah dan nilai total bangunan. Lalu perhatikan keinginan diri sendiri dalam melihat kepantasan harga yang mesti ditebus oleh orang lain. Sebab mungkin bisa menyelipkan gaya marketing yang lihai, hingga mereka mau membayarnya lebih tinggi dari harga di pasaran.

Harga tanah

Mudah saja menentukan harga tanah. Lihat kembali pada lembar kertas Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang masih berlaku. Umumnya disebutkan per meter. Lalu kalikan dengan luas tanah yang Anda kuasai. Tepatnya luas lahan yang keseluruhan akan dijual, walau tidak tertutup oleh bangunan. Misalnya masih ada sisa halaman di depan, belakang, atau samping.

Jika masih ragu dengan NJOP, tanyakan saja pada broker yang kerap berhubungan dengan jual beli tanah. Bisa pula berkomunikasi dengan kantor pejabat setempat, contohnya kelurahan.

Harga rumah

Lantas lanjutkan dengan menghitung berapa harga bangunan rumah. Anda bisa memulai dengan mengingat-ingat kembali berapa biaya yang dihabiskan untuk mendirikan bangunan. Kemudian membuat perkiraan berapa biaya jika diakumulasi dengan nilai yang berlaku saat ini.

Namun, sesuaikan juga dengan kondisi bangunan. Sebab tidak selamanya bangunan tetap berdiri kokoh dan berkualitas baik. Kekurangan semacam bocor, kayu yang dimakan rayap, atap yang mulai rapuh, dan sebagainya ikut berpartisipasi dalam penentuan harga.

Taksiran harga keseluruhan

Harga keseluruhan didapat dari gabungan harga tanah dan bangunan. Penambahan tersebut akan membuahkan harga rumah yang setidaknya paling mendekati angka ideal. Meski masih dapat berubah-ubah dan tidak tepat benar dengan nilai yang beredar di pasaran.

Biaya tambahan dan pajak

Jangan lupa untuk memasukkan biaya-biaya tambahan. Seperti jasa agen properti tadi, pungutan pajak penjualan, pemotongan pajak penghasilan, biaya administrasi, dan masih banyak lagi. Sertakan semuanya, jadi Anda tak perlu menanggungnya sendirian.

Nilai histori dan lokasi

Ada faktor lain, yang sekilas tidak menentukan secara langsung, tapi masih mempunyai koneksi kuat dalam penentuan harga. Sebut saja nilai-nilai histori terkait rumah dan lokasi. Mungkin masuk di kawasan strategis, yang membuatnya pantas dihargai tinggi. Juga pernah didiami orang-orang penting yang melambungkan rumah jadi bernilai fantastis. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments