16

Bijak Menyikapi Kecanduan Pasangan Terhadap Game Online

Bermain game online memang tidak salah. Menjadi masalah bila sudah menciptakan rasa ketagihan. Apalagi dialami oleh pasangan sendiri. Atasi dengan bijak supaya hubungan tetap langgeng dan aman.

Sebab banyak hubungan jadi berantakan gara-gara bermain online berlebihan. Tidak ada lagi komunikasi yang baik, perhatian yang cukup, termasuk jadi abai terhadap tugas-tugas utama. Waktu terkuras hanya berdiam diri. Asyik dengan atraksi di depan layar. Lupa akan adanya seseorang yang lebih penting artinya.

Akhirnya satu sama lain merasa tidak membutuhkan lagi. Game online telah berganti menjadi pendamping. Walau tidak nyata, tetapi lebih terasa dekat. Karena dibutuhkan dan membuat pikiran teramat lekat.

Atasi rasa candu ini. Tak perlu pesimis. Selamatkan pasangan dengan cara-cara yang sehat dari jeratan permainan berbasis internet.

Ungkapkan saja perasaan Anda

Sebagai pasangannya, katakan saja yang Anda rasa. Kesal, jengah, sedih, kecewa, dan sebagainya. Tujuannya untuk membuat pasangan sadar bagaimana perasaan orang lain akibat candunya tersebut.

Tetapi ingat, tetap hargai hobinya itu. Pasangan juga berhak menekuni hobi. Meski Anda harus menyertakan sekian syarat agar tidak mengganggu relasi di antara Anda berdua. Karenanya mulai dengan kata-kata yang baik. Bukan langsung memberi label atau menunjukkan emosi bernada tinggi.

Buat kesepakatan jangka panjang

Setelahnya, coba ajak dia membuat kesepakatan. Yang mana diharapkan membawa perubahan jangka panjang. Pada kebiasaannya maupun pada ikatan yang sudah ada. Misalnya, sepakat tidak bermain game sehari lebih dari satu jam, tidak di meja makan, menjelang tidur, atau saat bersama anak-anak.

Ingatkan bila ia lupa. Terus konsisten, dan patuhi jika ada aturan yang juga berlaku bagi Anda.

Ikut bermain

Coba libatkan diri dengan ikut bermain game. Duduk di sampingnya dan ikut menikmati permainan. Pilih yang bisa dimainkan dua orang. Dengan begitu, dia akan mempunyai batasan waktu dan turut berhenti saat permainan usai.

Coba ke permainan nyata

Atau ajak dia beralih ke permainan nyata. Berdua saja atau yang bisa diisi oleh banyak peserta. Pinball atau yang berjenis sport, contohnya. Trik ini akan mengalihkan perhatian dari dunia internet. Plus menyalurkan adrenalinnya lewat gerak aktif. Lelah, capek, dan keringat yang dihasilkan akan efektif menggantikan ketagihan pada game online. Lakukan dengan rutin dan teratur.

Beralih ke kegiatan lain

Atau berpindah ke kegiatan lain. Cara ini biasanya sangat ampuh bagi seseorang yang ternyata selama ini tidak banyak memiliki ragam selingan di antara rutinitasnya. Makanya tidak heran, hanya melarikan diri pada ponsel atau game online.

Anda dan pasangan bisa intens berdua menekuni hobi lainnya. Umpamanya dia suka pada otomotif, kuliner, memasak, olahraga, dan lainnya.

Hadir selalu di dekatnya

Saat-saat berlangsung masa pengurangan durasi bermain, selalu hadir untuknya. Isi waktu yang telah bersisa bersama-sama. Walau mungkin terkesan tak melakukan apa-apa. Seperti bercerita tanpa arah yang pasti. Namun lebih berarti ketimbang dia merasa sendiri dan berbalik lagi pada asyiknya game online. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments