10

Mengapa Anak Malas Ke Sekolah?

Kenali penyebab jika anak enggan pergi ke sekolah. Apalagi bila rasa malas ditunjukkan berulang-ulang, berdurasi lama, dan disertai penolakan terang-terangan.

Misalnya selalu menolak untuk bangun pagi dan bergegas menyiapkan diri ke sekolah. Tidak ada semangat sama sekali, menangis, dan kerap mengeluh. Malas ke sekolah juga diekspresikan melalui minimnya support untuk mengindahkan tugas-tugas yang datang dari guru.

Tentunya bila malas dibiarkan akan berefek pada dunia edukasinya. Terlebih penyebab utama ternyata tidak dikenali. Otomatis jalan keluar juga tidak ditemukan. Atau gagal mencapai solusi paling mengena guna mengentaskan masalah yang ada. Sehingga tak mengherankan bila akar masalah tidak tercerabut.

Akhirnya, jangankan menanamkan bayangan indah akan sekolah. Sebaliknya, sekolah dapat menjadi pengalaman buruk dalam masa tumbuh kembangnya.

Ada yang membuatnya trauma di sekolah

Cari tahu lebih dalam, apakah ada penyebab dari institusi sekolah yang membuatnya trauma. Sebabnya tidak semua anak mudah mengemukakan apa yang dia rasa. Seperti trauma yang muncul akibat dirundung oleh teman-teman, tidak mudah bergaul, tidak bisa mengikuti materi, guru kelas tidak membantu proses belajar, dan sebagainya.

Trauma bisa saja dipicu oleh satu atau multifaktor. Namun, satu trauma yang tidak teratasi akan menarik jenis trauma-trauma baru. Di mana akan intensif menurunkan minat anak pada sekolah.

Sekolah terasa biasa baginya

Adakalanya pula disebabkan sekolah terasa sangat biasa baginya. Khususnya anak yang tergolong genius dan aktif. Materi untuk sekian periode sudah dikuasi dalam waktu singkat saja. Jadi hadir di kelas membuatnya tak memperoleh tambahan ilmu. Tidak memenuhi kehausannya akan pengetahuan. Lantas pergi ke sekolah hanya akan sia-sia membuang waktu.

Sedang sakit

Akan tetapi, malas juga tidak selalu dikarenakan faktor psikologis. Ia bisa hadir karena rasa fisik yang tidak fit. Sakit yang disertai lemas dan lesu, yang mengundang rasa malas untuk segera beranjak dan pergi ke sekolah.

Untuk yang satu ini, orang tua bisa lebih mudah memberikan jalan keluar. Contohnya istirahat di rumah dan berobat ke dokter. Malas pun di keesokan hari sudah hilang dan anak kembali semangat ke sekolah.

Anak lebih tertarik di bidang lain

Di samping itu, cermati andai orang tua menemukan anak lebih tertarik pada bidang lain di luar sekolah. Diskusikan bagaimana langkah terbaik untuk mengatasi malasnya. Sederhananya membangun kompromi agar sekolah dan bidang yang diinginkan dapat dijalankan bersama-sama.

Tidak ingin jauh dari orang tua

Atau karena anak tidak ingin jauh dari orang tua. Khawatir bertemu orang baru dan takut tidak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri bila jauh dari ayah ibunya. Pakai obrolan hangat dengan anak untuk segera mengentaskan perasaannya tersebut.

Cemas akibat situasi lain

Cemas akibat situasi lain juga dapat merangsangnya malas ke sekolah. Misalnya, pernah terpisah di tempat umum. Anak jadi takut, sedih, dan cemas. Rasa tersebut lantas digeneralisasikan pada semua tempat. Termasuk sekolah. Sekolah bisa membuatnya khawatir jadi hilang dan berpisah dari orang-orang yang disayang. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pixabay

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

 

Comments

comments