06

Surga Tersembunyi di NTT

Selain memiliki Taman Nasional Komodo dan danau Kelimutu, ternyata Nusa Tenggara Timur (NTT) masih menyimpan sejuta surga yang indah tiada tara. Sempatkan waktu saat sudah menginjak di penghujung wilayah timur ini.

Semuanya tersebar hampir di semua pulau. Dan jangan khawatir soal akomodasi. Dukungan penyediaan fasilitas semakin banyak. Transport, penginapan, urusan makan, plus tour guide siap menemani.

Gua Kristal

Di Kupang, Anda akan menemukan Gua Kristal. Letaknya di bawah bebatuan. Pintu masuknya berupa lubang berongga, yang mengharuskan Anda terjun.

Di dalamnya, air begitu bening hingga dasarnya terlihat. Tak heran jika disematkan kata kristal untuk namanya. Apalagi jika tersorot oleh sinar matahari, kecantikannya sungguh sulit dilukiskan.

Bukit Cinta

Masih di Kupang, tak jauh dari bandara El Tari, ada sebuah bukit menarik yang bernama Bukit Cinta. Deretan panjang dengan pemandangan hijau membentang. Tempat para pemuda pemudi saling bercengkerama. Dari sana, Anda bisa sekaligus berkunjung ke pantai Lasiana.

Pantai Bawana

Untuk yang satu ini Anda mesti datang ke Pulau Sumba. Pantai ini terkenal akibat sebuah batu besar dengan lubang besar di tengahnya. Amat mirip dengan gerbang kedatangan. Lengkap pasir halus yang merata dan nuansa sepi yang sungguh menggoda.

Pink Beach

Warna pink memang benar-benar ada. Tepatnya persis di bagian bibir pantai. Masukkan dalam daftar utama jika Anda sedang berada di kawasan Taman Nasional Komodo, karena masih merupakan wilayah Kabupaten Manggarai Barat.

Kampung Wae Rebo

DCIM100MEDIADJI_0131.JPG

Kampung ini bagai di atas awan. Maklum saja letaknya di ketinggian 1.200 meter. Butuh energi besar untuk mendaki dan mencapai puncaknya. Namun terbayar dengan suguhan rumah adat yang otentik, atraksi budaya, serta panorama yang sukar terlupa.

Teluk Mulut Seribu

Singgahi Pulau Rote, dan temukan Teluk Mulut Seribu. Sebuah teluk yang memiliki ribuan karang, yang dari kejauhan mirip pulau-pulau kecil. Bak labirin, yang kerap menyesatkan pengunjung. Jadi ingat terus jalur masuk dan keluar dengan benar.

Air Terjun Oenesu

Balik lagi ke Kupang, ada air terjun Oenesu yang ciamik. Berdiri dengan empat lapisan sebagai ikon khasnya. Banyak diburu mengingat kemolekan dan ademnya suasana di sana.

Air Terjun Noelaku

Di Kabupetan Timor Tengah Selatan, tersimpan air terjun unik. Runtuhan airnya ditampung oleh mulut gua yang berbentuk hati. Sangat memesona dan masih terasa sepi. Cocok bagi Anda yang ingin mendengar irama nyanyian air bersama paduan ketenangan.

Pulau Padar

Pulau Padar masih kawasan Taman Nasional Komodo. Area luas yang menuntut Anda berlama-lama di sana. Mulai dari sekadar duduk-duduk, snorkeling, dan sebagainya. Ketika mengambil foto, sertakan deretan bukit kecil yang berdiri dengan anggunnya.

Pulau Alor

Sempatkan juga bertandang ke Pulau Alor. Sepanjang sisinya dikelilingi pantai aduhai indahnya. Airnya terlihat tenang, kebiruan,  dan banyak ikan warna-warni. Pasirnya yang bersih menjadi daya tarik kuat. Pas bagi yang gemar menyelam atau berjemur. Juga yang hobi berburu foto bertema alam natural. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments